November 15, 2009

REVIEW: RUMAH DARA (MACABRE)






































Setelah menanti cukup lama, akhirnya saya mendapat kesempatan untuk menonton film Rumah Dara karya The Mo Brothers di Opening INAFFF (Indonesia International Fantastic Film Festival) 2009 kemarin. Dan ternyata penantian saya selama ini tidak sia-sia karena Rumah Dara was f*ckin AWESOME! Bercerita tentang enam anak muda yang tiba-tiba ditengah jalan bertemu dengan seorang wanita yang mengaku habis dirampok, lalu mereka berbaik hati untuk mengantarkan wanita tersebut pulang. Namun siapa sangka kalau wanita tersebut akhirnya malah membawa hidup mereka semua kedalam jurang maut yang mencekam. Pembunuhan sadis pun mulai mendera mereka satu persatu. Mengusung genre slasher (semacam Saw, Hostel, dll) yang notabene masih asing dan sangat jarang digarap oleh sineas perfilman Indonesia, Rumah Dara hadir membawa angin segar. Selain menarik minat penonton tanah air, film ini juga sangat menarik minat dunia internasional lho! Akting para pemain disini patut diacungi dua jempol. Julie Estelle seperti biasa tampil begitu meyakinkan. Shareefa Daanish membawakan peran dengan penuh totalitas, wajar saja kalau gelar Best Actress di PiFan berhasil dikantonginya. Tidak kalau memukau, Arifin Putra kali ini membuat semua penonton terpana dengan aktingnya yang ternyata tidak bisa dianggap remeh. Ini bisa dikatakan penampilan terbaiknya selama ini. Sigi Wimala pun bermain sangat baik. Ario Bayu dengan kharisma khasnya. Lalu, debut layar lebar VJ Daniel juga tidak bisa dikatakan jelek, langkah awal yang baik. Imela Therinne top banget, karakter psycho-nya dapet! Tidak ketinggalan nama-nama lain seperti Dendy Subangil, Mike Muliadro, Ruly Lubis, Aming, dll, yang semuanya bermain baik. Timo dan Kimo a.k.a The Mo Brothers selaku sutradara menurut saya telah berhasil membawa horror di Indonesia ke tingkat yang lebih baik dari sebelumnya. Belum sempurna memang, tapi menurut saya ini adalah horror terbaik yang dimiliki Indonesia so far. Saya juga merasa beruntung sekali karena kemarin mendapat kesempatan menonton versi uncut-nya yang dimana belum sensor sana sini. Juga sengaja tidak saya bocorkan jalan cerita film dan spoilers disini, kasihan yang belum nonton nanti jadi tidak seru lagi khan! Apalagi tayangnya juga masih lumayan lama. Rumah Dara akan rilis di seluruh Indonesia tanggal 22 Januari 2010, wajib tonton yaa! Dukung terus perfilman Indonesia guys, jangan hanya Hollywood dong! Sukses buat The Mo Brothers, semoga film-film berikutnya semakin berkualitas dan tetap 'ENAAAK KANNNNN?'





+ komentar + 14 komentar

November 15, 2009 at 3:16 PM

Baru denger genre SLASHER, mungkin maksudnya gabungan genre Horor + adegan Gore yah?... jadi penasaran..

Terimakasih e2p atas Komentarnya di REVIEW: RUMAH DARA (MACABRE)
November 15, 2009 at 5:55 PM

iya, slasher movie itu seperti film Saw, Hostel, Texas Chainsaw, dll.. Gabungan horror, thriller, gore.. Pembunuhannya hardcore.. Hehehe.. CMIIW

November 15, 2009 at 9:28 PM

Huoo.. waktu itu niat ikutan kontes biar dapet invitation, tapi ga jadi.. Karena ga akan bisa dateng malem2.. Wakaka.. Sabar aja deh nunggu bulan Januari.. Jarang2 kan genre Slasher ini ada di Indonesia..

Btw, mau ada film Rizal Mantovani - Air Terjun Pengantin yang katanya bunuh2an juga yeuh.. Tapi sayang sekali di trailernya beneran ngejual tubuh para pemainnya.. haha..

Terimakasih WewW atas Komentarnya di REVIEW: RUMAH DARA (MACABRE)
November 16, 2009 at 7:18 AM

Ayo dukung film Indonesia! Berarti Jagoan Movies bakal lebih banyak nampilin film Indonesia ya?
Katanya yang di INAFF kemaren yang versi uncut ya? Tolong, nanti kalo rilis resmi kita dikasih tau adegan apa saja yang dipotong ya. LSF memang paling bisa bikin males dan mules :(

Terimakasih gilasinema atas Komentarnya di REVIEW: RUMAH DARA (MACABRE)
November 17, 2009 at 10:15 PM

sori sis.. ada beberapa kalimat di dalam review nya yg di-copy paste (dengan penggubahan) yah? sori kalo salah.. :)

Terimakasih Kania Kismadi atas Komentarnya di REVIEW: RUMAH DARA (MACABRE)
November 18, 2009 at 2:58 PM

@ Kania : haloo..saya hanya ambil sedikit info di kaskus tentang festival" yang diikuti Rumah Dara.

Cuma copy paste di bagian " Overlook Entertainment bahkan sudah mengambil hak distribusi untuk wilayah Eropa dan Amerika. Sementara Five Star Entertainment Thailand mengambil hak distribusi wilayah Asia. Sebelum beredar di tanah air, film ini pun telah mengarungi beberapa festival-festival berskala internasional, seperti Puchon International Fantastic Film Festival (PiFan 2009), di mana Shareefa Daanish menyabet penghargaan sebagai Best Actress untuk film ini. Selain PiFan, film ini juga diputar di festival lainnya, seperti Fantastic Fest 2009 di L.A, USA dan Fantastic Film Festival Germany 2009."

Sisanya tulis sendiri sist.. Itu pun saya rubah sedikit, tidak persis sama. Karena itu informasi umum, bukan opini. Sisanya opini saya sendiri.

November 18, 2009 at 3:11 PM

Okay dan kalau memang informasi umum itu dibilang menjiplak, sudah saya hapus sekarang. Thanks for coming to my blog.. :)

November 19, 2009 at 9:42 PM

kindly check your email (yg ada di profile) please.. :)

thank you very much..

Terimakasih Kania Kismadi atas Komentarnya di REVIEW: RUMAH DARA (MACABRE)
Lila
January 20, 2010 at 9:55 PM

aduh sumpah saya penasaran banget sama cerita nya. udah lama saya denger soal macabre. minggu lalu liat trailer nya dan sumpah serem abis. tapi saya ga berani nonton. kasi tau donk cerita selengkapnya.

Terimakasih Lila atas Komentarnya di REVIEW: RUMAH DARA (MACABRE)
January 21, 2010 at 12:23 AM

@ Lila : yahh ga seru dong kalau dikasih tau cerita lengkapnya.. Yang pasti kamu harus nonton. Nyesel lho kalau nggak nonton.. :)

January 31, 2010 at 11:43 PM

Wah saya juga baru nonton nih. mampir gan....

Terimakasih Gugun 7 atas Komentarnya di REVIEW: RUMAH DARA (MACABRE)
winda
February 9, 2010 at 2:00 AM

Cuma satu harapan aku...
Semoga saat dikeluarkan versi DVD-nya, bebas tak terjamah gunting sensor

Terimakasih winda atas Komentarnya di REVIEW: RUMAH DARA (MACABRE)
February 27, 2010 at 11:08 PM

Baguslah Indonesia bisa buat film bagus spt ini, isunya 2 thn lagi Terminator V dibuat di Indonesia, tapi sungguh sayang pemeran Terminator adalah si "Aming"

Terimakasih Just Lisa atas Komentarnya di REVIEW: RUMAH DARA (MACABRE)
Anonymous
February 20, 2012 at 8:02 AM

yupz,,,aq dah nonton film ini....AWESOME ABIIIEEEZZZTT....ngerinya dapet banget!!!

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: RUMAH DARA (MACABRE)

Post a Comment