December 6, 2009

REVIEW: THE DAMNED UNITED




































"They love me for what I'm not... ...they hate me for what I am."

Film pertama saya di JiFFest adalah The Damned United. Dan ternyata pilihan saya tidak salah. The Damned United tidak hanya bercerita tentang sepak bola saja, akan tetapi juga mengenati keberhasilan, kegagalan, usaha, kegigihan, kesalahan, persahabatan, dan cinta. FYI, saya terlambat masuk theater sekitar 20 menit, jadi awal filmnya saya ketinggalan. Untungnya, masih bisa dimengerti sampai akhir. Jadi kira-kira begini ceritanya, Brian Clough (Michael Sheen) yang berprofesi sebagai manajer klub sepak bola dan asisten sekaligus teman baiknya, Peter Taylor (Timothy Spall) berhasil membawa klub Derby County yang tadinya berada di level paling bawah divisi II ke puncak divisi I. Suatu pretasi yang sangat amat membanggakan. Nama Brian Clough pun menjadi terkenal seantero Inggris karena keberhasilannya itu. Namun suatu ketika, para pemilik yang memegang saham Derby County meminta Brian untuk mengalah pada pertandingan melawan salah satu klub ternama karena alasan faktor materi. Tidak dipungkiri dalam dunia persepakbolaan memang banyak kecurangan semacam ini atau biasa disebut 'main sabun'. Maaf nih kalau salah, mungkin para cowok pecinta sepak bola bisa bantu dengan penjelasan yang lebih tepat. Hehe.. Lalu, Brian pun tidak menuruti permintaan mereka, karena ia sangat menjunjung tinggi sportivitas dalam sebuah permainan sepak bola. Akibatnya ia dan Peter Taylor pun dipecat dari Derby. Karena masalah ini persahabatan mereka pun diuji, Peter yang sudah sangat nyaman bekerja di Derby pun tidak terima dirinya dipecat karena ulah Brian. Akhirnya Brian menerima tawaran untuk menjadi manajer di klub kenamaan Leeds United, yang selalu menjadi 5 besar divisi I. Ternyata menangani klub yang namanya sudah besar tidak semudah yang diduganya. Banyak tantangan dan cobaan yang harus dilalui. Dan itu semua tentu tidak mudah. Well, saya suka sekali dengan film ini. Cara penuturannya sangat unik dan penataan gambar juga terlihat indah dengan sentuhan vintage yang cantik. Akting Michael Sheen tidak perlu diragukan lagi, ia kembali mengulang akting briliannya dalam Frost/Nixon beberapa waktu lalu. Kali ini berperan sebagai Brian Clough, bukan hanya mirip akan tetapi kharisma yang ditampilkan juga luar biasa. Tidak terbayang kalau bukan Sheen yang main disini. Two tumbs up! Tali persahabatan antara Brian Clough dan Peter Taylor juga tervisualisasi dengan baik oleh Michael Sheen dan Timothy Spall, sampai-sampai adegan akhir film ini membuat saya tertawa keras. Haha.. Film ini diangkat dari novel berjudul sama, The Damned Utd karya David Peace, ditulis berdasarkan kisah nyata seorang Brian Clough yang disebut-sebut sebagai manajer klub sepak bola terbaik di Inggris sampai sekarang. Boleh ditonton nih guys, apalagi untuk para pecinta sepak bola. Dijamin kamu jadi tahu ternyata menjadi seorang manajer klub sepak bola itu tidak semudah yang semua orang kira. :)





+ komentar + 3 komentar

December 7, 2009 at 8:20 AM

hwaa jadi pengen nonton ini, cuma gue urungkan karena pasti gak ada subtitlenya hehe *kapok mode on*

ternyata Michale Sheen main di New Moon juga yah..ckckck tapi kayaknya tetep blum bnyk yang ngeh ama namanya.

Terimakasih iin atas Komentarnya di REVIEW: THE DAMNED UNITED
December 8, 2009 at 1:24 AM

@ iin : Aduh in gue cinta banget nih sm si Michael Sheen ini, gara2 liat aktingnya di Frost/Nixon. Ehh trus dia muncul di New Moon. Hehe..

The Damned United menurut gue baguuussss in, mustinya lo nontonnnn bu.. Tapi yaa itu deh, gue aja puyeng denger logat britishnya, susah ditangkep bo.. Berencana beli dvdnya lg.. Hehehe..

December 8, 2009 at 3:13 PM

gw udah nonton... sangat inspiratif buat pecinta, pelatih sepak bola juga futsal...he..he..

Terimakasih e2p atas Komentarnya di REVIEW: THE DAMNED UNITED

Post a Comment