December 18, 2009

REVIEW: AVATAR




































"You are on Pandora, ladies and gentleman."

Avatar membuat saya terkesima dan tidak dapat berkata-kata. James Cameron memang seorang yang jenius dalam dunia perfilman, sangat visioner. Setelah membuat Titanic (1997) yang sukses menjadi box office di seluruh dunia, James memang memfokuskan pikirannya pada proyek baru yang dinamakan Avatar. Nama Avatar sudah didaftarkan sejak 12 tahun yang lalu, jadi Avatar karya James Cameron ini sama sekali bukan kartun Avatar The Legend of Aang. Kartun Avatar memang juga akan tayang di layar lebar tahun depan, tapi dengan nama The Last Airbender, karena tidak dapat menggunakan nama Avatar yang telah lebih dulu didaftarkan James Cameron. Saya tadinya tidak berharap banyak ketika melihat trailer yang ada dan makhluk biru yang awalnya menurut saya aneh. Tapi nama James Cameron sungguh membuat saya sangat tertarik untuk harus menonton film ini, apalagi James bilang kalau Avatar adalah proyek impiannya. Dan ternyata ini memang film yang akan membawa pikiran dan hati anda ke negeri 'impian' bernama planet Pandora. Sebuah planet yang sangat indah, malah bisa dikatakan luar biasa indah. Semua yang ada di film ini terlihat sangat real, seperti nyata. Saya menonton yang versi 3D dan semua efek disini membuat saya terkagum-kagum. James Cameron memang seorang perfeksionis, ia memperhatikan semua detail yang ada, sampai-sampai rasanya tidak ada kekurangan apapun dalam segi special effects. Biasanya film dengan efek yang keren dan canggih kurang didukung dari faktor cerita, tapi beda dengan Avatar. Avatar berhasil memadukan efek yang super canggih dengan jalan cerita yang sangat baik. Saya tidak akan menceritakan sinopsis film ini disini, agar semua yang menonton akan lebih menikmati. Trik James Cameron untuk tidak memperlihatkan apapun dalam trailernya juga saya acungi dua jempol, hal itu membuat anda penasaran setengah mati. Tidak membuat anda menggebu-gebu untuk segera menonton film ini, namun setelah anda menonton, anda akan terpukau. Imajinasi anda akan dibuat melayang-layang ketika sedang menonton Avatar. Planet Pandora digambarkan dengan sangat indah, beserta seluruh penghuninya suku Na'vi dan berbagai macam binatang unik yang ada disana. Semua luar biasa. Pilihan James untuk memakai Sam Worthington dan Zoe Saldana sebagai bintang utama juga tepat sekali. Akting dan chemistry mereka sangat pas dan cocok. Apalagi film ini juga didukung oleh Sigourney Weaver, Stephen Lang, dan Michelle Rodriguez. Durasi yang hampir tiga jam sama sekali tidak membuat saja jenuh. Saya malah seperti merasa sedang berada di planet lain selama beberapa jam itu. Sepertinya semua yang ada dalam Avatar sangat sempurna, dari mulai efek, cerita, ending, akting, soundtrack. Perfect! Sebuah film yang wajib anda tonton, datanglah dengan ekspektasi bahwa anda akan disuguhkan film imajinasi unik yang luar biasa.





+ komentar + 17 komentar

December 18, 2009 at 8:57 PM

Duh jadi wonder ni gimana bagusnya. Jadi pengen nonton. Btw avatar katara, aang, dan momo bakal di buat movie juga yah. Uh, ga sabar juga ni liat avatar yang lainnya. hehe

Terimakasih Shopomore atas Komentarnya di REVIEW: AVATAR
December 18, 2009 at 9:19 PM

Iya, Avatar aang main tahun depan dengan judul Avatar: The Last Airbender. :)

December 18, 2009 at 10:39 PM

Begitu maen di bioskop, gua langsung nonton. Mungkin film inilah salah satunya. Sebagai salah satu film yg gua antisipasi taun ini setelah 2012 yg mengecewakan. Pertama kali liat adegan awalnya...well, adegan robotnya so real. Mantap walaupun mirip dengan robot di film Aliens. Tapi keren. Adegan pemandangan di planet alien itu luar biasa...mirip salah satu game rpg yang gua maenkan. keren

Begitu melihat aliennya, wow...langsung teringat filmnya Disney Dinosaur yang menurut gua mirip banget tehniknya, live action dicampur CGI yang benar2 hidup. Gua akui Cameron memiliki daya khayal yang cukup tinggi, lihat para monster atau binatangnya yang merupakan campur aduk dari beberapa jenis binatang di bumi. Yang gua suka adalah adegan slow motion khas Cameron yang tidak membuat adegan jadi stylish tapi membuat adegan jadi keren.

Ewya, Gaia, Ewya, Gaia. Langsung teringat lagi salah satu game rpg yang menamakan sumber kehidupan di sebuah planet, yang kalo ga salah sebuah pohon raksasa juga. Sayang durasi terlalu panjang, ada adegan-adegan yang membuat sedikit bosan. Itulah "enaknya" Cameron yang diberi kekuasaan penuh untuk membuat suatu film.

So menurut gua, film ini campuran teknologi Dinosaur, terus campuran Pocahontas dan Matrix. Yang pasti film ini lebih bagus dari 2012.

You Jump...I Jump.
I See You. I See You.
Yang terakhir tuh lagunya dinyanyikan oleh Celine Dion yah?

Terimakasih Bang Mupi atas Komentarnya di REVIEW: AVATAR
December 18, 2009 at 11:45 PM

Bukan bang, itu dinyanyiin Leona Lewis. Mirip2 sama My Heart Will Go On - Celine Dion yaa.. Tipe2 suaranya juga mirip.. Hihi..

December 19, 2009 at 12:33 AM

heloo gab! asik nih udah buat review Avatar, saya udah nonton dan memang benar,
visualisasi Avatar memang sangat awesome, speechless banget deh

awalnya saya berpikir plot film ini sederhana tapi sebetulnya banyak hal yang telah dipikirkan Cameron secara detil, termasuk di dalamnya saya ngeliat gimana penghormatan Cameron terhadap suku2 Indian, kayaknya bangsa Na'vi terinspirasi dari bangsa Indian deh)

Terimakasih movietard atas Komentarnya di REVIEW: AVATAR
December 19, 2009 at 7:55 AM

setuujuu banget .. selama nonton gw bengong tdk bisa berkata apa2, dlm hati gw "anjriiit gilee nih si james" film terbaik yg gw tonton setelah the dark knight.. mesti nonton lg.. pensaran yg 3D. gmn rasanya gab rasanya dg 3D?

Terimakasih e2p atas Komentarnya di REVIEW: AVATAR
December 19, 2009 at 1:47 PM

My Best Picture Of This Year

Terimakasih Budi Cahyono atas Komentarnya di REVIEW: AVATAR
December 19, 2009 at 3:40 PM

@ movietard : Memang banyak yg bilang kelemahan film ini di plot cerita yang biasa saja dan predictable, tapi menurut saya sih fine2 aja, overall luar biasa banget yaa film ini.. :)

@ e2p : Nonton yg ga 3D yaa? yang 3D keren banget sih, tp saya juga belum nonton yang 2D jadi belum bisa bandingin. Banyak yg bilang kalau Avatar wajib tonton versi 3D. Hohoho..

@ budi cahyono : pasti banyak yg sependapat.. :D

December 19, 2009 at 5:25 PM

yup, q juga baru nonton ni tadi pagi. memang penantian yang cukup lama u/menvisualisasikan pandora.. bahasa n kebudayaan na'vi yang perlu research beberapa tahun... the best film de, transformers jadi no 2 tahun ini,.. hehehe...

Terimakasih Steven S atas Komentarnya di REVIEW: AVATAR
December 19, 2009 at 10:17 PM

Pengen nonton yang 3D deh. Di sini ga ada -.-"

Terimakasih Antz atas Komentarnya di REVIEW: AVATAR
December 20, 2009 at 4:20 PM

G stuju bnget ma u,gab.

I'm speechless n fell in love with AVATAR.

Terimakasih jimmy thenedy atas Komentarnya di REVIEW: AVATAR
December 20, 2009 at 8:40 PM

bener banget gab.. avatar bikin speechless!! eh, yg jadi neitiry itu, aku kirain angelina jolie loh. mirp. he3..

Terimakasih miwwa atas Komentarnya di REVIEW: AVATAR
December 21, 2009 at 3:11 PM

Wah gak tambah gak sabar pengen nonton film ini pas liburan nanti (derita anak sekolah)! Nonton film ini lebih enak kayaknya kalau nonton 3dnya kata tmen" aku bisa bikin terpukauuu.

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di REVIEW: AVATAR
December 22, 2009 at 11:11 PM

This is totally one of the best films of 2009. Begitu bagusnya sampe gue pengen nonton lagi dan lagi. Bener2 ga rugi bayar lebih mahal buat nonton 3-D. James Cameron is still the best. Salute!!

Terimakasih J-C atas Komentarnya di REVIEW: AVATAR
December 26, 2009 at 6:04 PM

iya suaranya mirip Celine Dion hehe...

Semua pada muji Avatar ya? hehe...

Terimakasih Bang Mupi atas Komentarnya di REVIEW: AVATAR
December 28, 2009 at 9:23 AM

Pengen liat lagi, meski ceritanya mirip banget ma Dances with Wolves. Avatar mungkin bukan yang terbaik di tahun 2009 ini. tapi pastinya Film Terbesar Tahun 2009 :D

Terimakasih gilasinema atas Komentarnya di REVIEW: AVATAR
April 14, 2010 at 4:24 PM

Dari segi plot, sebenarnya mirip sekali dengan film battle for terra, atau last samurai.
makanya, dari pertengahan film saya sudah bisa menebak endingnya akan seperti apa.

tapi kekurangan itu tertutupi dengan CGI yang indah dan spektakuler.

Terimakasih BLOG VRMAN atas Komentarnya di REVIEW: AVATAR

Post a Comment