July 23, 2009

REVIEW: PUBLIC ENEMIES






































"I can hit any bank I want, any time."

Suprisingly, Public Enemies was great! Soalnya beberapa teman saya bilang kalau film ini membosankan dan diluar ekspektasi mereka. Well, saya malah suka sekali sama film ini! Mungkin karena tidak terlalu berharap banyak dari awal, saya hanya tau dan yakin kalau film pasti akan bagus saja, bukan bagus sekali. Ternyata setelah tadi baru nonton, bagus koq filmnya, sesuai dengan tebakan saya dari awal. Hehe.. Ceritanya diangkat dari kisah nyata tahun 1930an, tentang seorang perampok bank handal bernama John Dillinger (Johnny Depp), yang sudah berkali-kali lolos dari tangkapan polisi. John selalu sukses merampok bank bersama para komplotannya. Namun, John Dillinger adalah penjahat yang dicintai oleh masyarakat pada masa itu. Karena konon katanya ia selalu tidak lupa untuk menyumbangkan hasil curiannya kepada orang yang membutuhkan. Di pihak lain, agent FBI Melvin Purvis (Christian Bale) mendapat tugas khusus guna menangkap John Dillinger yang pada saat itu ditetapkan menjadi penjahat no.1 di Amerika. Ajang kejar mengejar dan baku tembak pun terjadi hampir di sepajang film antara John dan Melvin. Apakah Melvin berhasil menangkap penjahar kelas kakap itu? Buruan nonton gihh guys.. Akting Johnny Depp two tumbs up banget deh! Dia cocok sekali meranin tokoh John Dillinger, mungkin kalau peran John bukan dimainkan Johnny Depp hasilnya tidak akan sebagus ini. Kharisma Johnny Depp sebagai penjahat perambok bank professional benar-benar terpancar! Halah.. Haha.. Kalau Christian Bale menurut saya kali ini malah biasa-biasa saja, tapi masih bisa mengimbangi kharisma si Johnny sih, secara kayaknya susah deh ngimbanginnya. Satu lagi yang menurut saya aktingnya bagus adalah aktris Perancis favorit saya, Marion Cottilard yang disini berperan sebagai kekasih John Dillinger, Billie Frechette. She looks really pretty!! Sinematografi film ini juga mantap, 'feel' vintagenya berasa. Kesimpulannya, Public Enemies ini memang tertolong banget sama jajaran castsnya yang memang tidak perlu diragukan lagi kalau masalah akting. Jempolan semua! Great job deh buat sang sutradara, Michael Mann, yang memang pernah sukses membuat Heat tahun 1995 silam. Terbukti memang Mann jagonya bikin film tipe begini. Btw, banyak pihak yang berpendapat kalau duo Johnny Depp - Christian Bale adalah yang paling cocok menjadi the new Al Pacino - Robert De Niro, menurut kamu gimana? :)





+ komentar + 13 komentar

July 23, 2009 at 10:39 AM

wah, jadi penasaran nih pengen nonton!

penasaran pengen nonton aktingnya Marion Cottilard neh.
dia main bagus gak di situ?

Terimakasih awya atas Komentarnya di REVIEW: PUBLIC ENEMIES
July 23, 2009 at 12:02 PM

Marion Cottilard aktingnya bagus disini! Kayaknya selalu bagus dia mahh yaa.. Hehe..
Udah gitu cantiiikkkk banget lagi!!! :)

July 23, 2009 at 7:13 PM

liat 2 cowo cakep dlm 1 film.. hahaha..

Terimakasih Lia Levina atas Komentarnya di REVIEW: PUBLIC ENEMIES
July 23, 2009 at 7:13 PM

saya masih penasaran nih sama kamera yg dipake, pake digital kan ya? agak2 beda gitu ya sama film2 lain?

Terimakasih Fariz Razi atas Komentarnya di REVIEW: PUBLIC ENEMIES
July 23, 2009 at 10:54 PM

iya emang agak beda gambarnya, tapi ga terlalu gimana banget sih.. hehe.. coba nontooonnnn.. :)

August 2, 2009 at 4:33 PM

Hi, Gabby!
Salam kenal.
Gue baru nonton Public Enemies tadi malam & yang mengejutkan adalah, gue agak2 mengantuk pas nonton, entah kenapa. Apa karena nntonn pas midnite kali ya.Ato karena filmnya memang agak membosankan. *Gue termasuk org yang sangat menikmati film2 drama dengan dialog aneh & sinting, tapi kok bisa merasa Public Enemies ini membosankan ya? Aneh....jadi cur-col deh...*

Overall, judging for the last half of the movie, filmnya cukup menarik, soal akting, dialog, cerita, kostum design, dan sinematografi bisa diacungi jempol, memang bagus, yang menjadi masalah adalah gue kurang suka pengambilan gambar ala Michael Mann.

Dari beberapa film2 dia yg gue tonton (Collateral, Miami Vice & Manhunter), smua gambar diambil dengan menggunakan hand held camera HD & menurut gue, itu sangat mengganggu. Terlalu banyak guncangan-guncangan yang membuat gue pusing. Kesannya memang lebih realistik, tapi lebih akan menikmati apabila gambarnya dibuat agak2 sedikit blurry & steady, untuk memberikan kesan tua pada filmnya & tidak perlu banyak guncangan2. *just an opinion lho...*

yah, gue kasih 1.5 thumbs up deh. Mungkin gue harus nonton lagi kali ya, siapa tahu pemikiran gue bisa berubah.

Terimakasih .mister.dison. atas Komentarnya di REVIEW: PUBLIC ENEMIES
August 2, 2009 at 11:25 PM

kalau menurut gue Public Enemies malah bagus banget lho.. hehehe..
tapi percaya ga percaya nih yaa, mood pada saat kita nonton film itu ngaruh banget lho.. :)
So, mgkn pas kmrn lo nonton lagi ga mood kali, atau udah ngantuk n capek gara2 kemaleman.. hehe..
tp bukan cuma lo yg bilang bosen, beberapa temen gue juga bilang hal yg sama.. :p

Anonymous
August 6, 2009 at 12:43 PM

Wah gila klo pelem bagus kaya gini dibilang boring..hahaha...
Gw slama ni cm knal J.Depp sbage aktor yg peran2nya sllu eksentrik (ga trllu demen jg benernya). But this film makes me depply fall in love with him, especially for his role as Depp's Dillinger. What can i say, he proves himself as a multi-act talented actor. Marion Cotillard emg ok, bikin chemistry John-Billienya jd kerasa bgt. Soal Bale, gw stuju, sayangnya dia kok kayanya krg bs ngehidupin tokoh vintage ya? Kbanyakan maen pelem2 bergadget canggih kek batman sm terminator kali yah? :p

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: PUBLIC ENEMIES
August 7, 2009 at 12:15 AM

@ no name : yupppp I loveeee this movie so much! bingung juga kenapa ada yang bilang boring, padahal for me it almost perfect! Johnny Depp should be a legend someday.. :)

August 7, 2009 at 10:39 AM

@ Gabby: Iya kali ye....mood sangat mempengaruhi pas nonton.
OK, gue udah nonton lagi untuk ke-2 kalinya, and guess what, GUE MASIH NGANTUK. Sial. Kenapa ya?

Terimakasih .mister.dison. atas Komentarnya di REVIEW: PUBLIC ENEMIES
August 7, 2009 at 11:33 AM

@ E : hmm..kalau mood udah ga ngaruh berarti kembali ke selera masing-masing orang aja sih.. selera khan ga bisa dipaksain, bisa jadi ini bukan tipe film yg lo suka.. kayak misalnya gue ga suka nonton horror, jadi yaa gue nontonnya juga ga konsen2 amat n ga pernah sampe sukaaaa banget sama film horror.. hehe.. gila lo sampe nonton public enemies 2x!! btw, bukan cuma lo doank koq, temen gue juga banyak ga gt demen sm film ini.. :)

August 8, 2009 at 11:34 AM

Tadinya ga niat nonton film ini dan pengen nonton UP. Tapi apa mau dikata, terserah yang nraktir tiketnya dah.. Wakaka.. Tapi sebelum nonton gw sempet baca review-review yang bilang kalau film ini bagus sih.

Dan akhirnya penilaian gw ma film ini, maknyus lha.. Heuheu.. Tapi emang rada ngantuk sih pas tengah-tengah.

Akting Depp ama Bale keren! Endingnya jg ga ngecewain.

Terimakasih WewW atas Komentarnya di REVIEW: PUBLIC ENEMIES
October 8, 2009 at 12:32 AM

Gua juga ga terlalu suka film ini. Ga tau mau ke arah mana. Serba tanggung menurut gua.

Baru masuk Bandung hari ini...ckck..telat banget :D

Terimakasih Bang Mupi atas Komentarnya di REVIEW: PUBLIC ENEMIES

Post a Comment