July 17, 2010

REVIEW: INCEPTION





































Dreams feel real while we're in them. It's only when we wake up we realize that something was actually strange.

Saya bingung harus memulai review ini dengan kalimat apa karena terus terang karya Christopher Nolan kali ini betul-betul jenius. Nolan memang sudah pernah membuat Memento (2000) yang temanya juga mempermainkan pikiran. Tadinya bagi saya Memento sudah merupakan sebuah ide yang jenius sekali, namun kali ini Inception membawa sesuatu yang belum pernah saya tonton sebelumnya; sebuah pengalaman menonton film yang membuat saya berfikir sekaligus tegang dan takjub dari awal hingga akhir. Saya bahkan sulit untuk memindahkan pandangan dari layar bioskop karena memang film ini seperti mempunyai magnet kuat yang membuat saya terkesima. Bukannya mau melebih-lebihkan, akan tetapi Inception rasanya akan menempati posisi nomor 1 dalam daftar film terbaik dan terfavorit versi Jagoan Movies tahun 2010. Kemungkinan ini sudah 95% akan terjadi, kecuali sampai akhir tahun nanti ada film yang lebih gila dari Inception buatan Nolan. Namun sepertinya sulit kalau melihat kandidat-kandidat film yang ada sampai bulan Desember, tidak mudah untuk mengalahkan keistimewaan Inception.

Kali ini saya tidak akan menuliskan plot film ini sama sekali, karena esensi cerita dalam Inception sangat penting. Lebih baik anda tidak tahu terlalu banyak sebelum menonton. Saya sendiri hanya menonton trailer awal Inception, lalu sama sekali tidak mencari tahu lebih detail atau membaca sinopsis sama sekali. Saya hanya tahu kalau Leonardo Dicaprio disini akan berperan sebagai pencuri mimpi. Pencuri mimpi saja kedengarannya sudah sangat keren sekali bukan? Sepertinya para pembaca disini juga hanya perlu mengetahui sampai disini saja apabila belum menonton. Jangan membaca review yang penuh dengan isi film ini karena nantinya akan mengganggu keasikan anda saat menonton. Seperti yang sudah saya tulis diatas kalau Inception bertumpu pada ceritanya yang brilian, jadi the less you know the better. Saran saya, anda jangan terlambat datang ke bioskop, usahakan perhatikan detail cerita dari awal sampai akhir, karena semua berhubungan. Konsentrasi lebih memang diperlukan dalam menonton tipe film seperti ini, anda tidak akan mungkin mengerti film ini kalau misalnya anda menonton sambil sibuk twitter-an atau facebook-an. Saya malah sudah menonton film ini dua kali. :p

Sekarang dengan adanya Inception, saya berani untuk menobatkan Christopher Nolan dengan predikat sebagai seorang sutradara jenius. Inception sudah merupakan sebuah bukti kuat kalau Nolan mampu membuat sebuah karya yang beyond imagination, selebihnya juga tidak kalah hebat; Following (1998), Memento (2000), Insomnia (2002), Batman Begins (2005), The Prestige (2006), dan The Dark Knight (2008). Belum lagi proyek Batman terbaru yang sedang digarapnya dan direncanakan tayang tahun 2012. Dalam Inception, Nolan juga dengan teliti memilih para pemain, hasilnya? Luar biasa! Leonardo DiCaprio, Marion Cottilard, Joseph Gordon-Levitt, Ellen Page, Ken Watanabe, Tom Hardy, Cillian Murphy; mendengar nama-nama tersebut saja saya sudah menganga dibuatnya. Para pemain tersebut bermain sangat amat baik. Tidak ada yang terlihat lebih menonjol dibanding yang lain, semua bermain pas dengan porsi masing-masing. Ditambah lagi dengan special effects yang tanpa cela dan alunan scoring dari Hans Zimmer yang membuat jantung berdetak lebih cepat. Beberapa adegan yang tidak bisa saya sebutkan dalam review ini (karena spoilers) benar-benar menempel dalam ingatan! Silahkan menonton dan setelah itu isi kolom komentar kalau ingin sharing tentang pendapat masing-masing. Selamat menikmati sebuah tontonan yang fenomenal! Kalau anda tidak cukup menangkap maksud film ini pada saat pertama menonton, ayo tonton lagi! :)





+ komentar + 34 komentar

July 17, 2010 at 5:53 AM

uhhohohoho...tp ada satu yang menarik, Nolan membuat Inception itu karena termotivasi dari Film Trilogy Matrix , tp saya melihat malah perpaduan Matrix - Dark City

saya setuju klo ini film yang lumayan menarik, tp jangan lupa, di tahun ini ada film yg cukup membawa kita terkesima huhehehehe Kick Ass!

Urutan pasti saya juga gak tahu mana yg bisa menduduki urutan terbaik versi saya pribadi, dua Film ini (Kick Ass - Inception) adalah dua film yg cukup melegakan (setelah Film-Film yg Pop Corn yang kebanyakan ide2 Remake)

eh klo ngomongin Inception, sebenernya jadi ingat Shutter Island wakakakakaka, ampir seluruh "Arasemen" Musiknya mirip hahahahahahaha...(Shutter Island juga film yang membuat Dicaprio terlihat matang)

Terimakasih liwofo atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
Anonymous
July 17, 2010 at 12:05 PM

dibanding Matrix,saya malah jauh lebih menikmati Inception.ceritanya jauuuhh lebih bisa dipahami dan di terima 'akal'(banyak yg bilang cuma Wachowski Bersaudara dan Tuhan yg tau maksud ceritanya... :D);jarang banget nonton film harus berpikir.mau ke toilet aja ga berani,takut kelewat jadi bingung di menit berikutnya... :D

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
Anonymous
July 17, 2010 at 12:12 PM

nih film emang keren banget....terkesima banget nontonnya..klo bisa jgn abis2 filmnya,petualangan mimpi didalam mimpi bener2 seru banget..

4thumbs UP!!!

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
July 17, 2010 at 2:57 PM

aduuuhh ku pengen nontooonnnn, hehe..

Terimakasih Budi Cahyono atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
July 17, 2010 at 5:00 PM

Dari awal sampai akhir betul2 menegangkan dan menyita konsentrasi....sampai minum aja gak sempat.... :)

Terimakasih argani3273 atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
dintha yuneza
July 18, 2010 at 8:41 AM

four thumbs up !
sukaaaaaa bgtt ama ini film. sampe ngemil+air minum gakkk sempet cuma karena melongo dan menganga nonton nih film !
aktingnya pas semuuaa utk semua aktor dan aktrisnya.

FYI. saya suka bgttt ama Eames di film ini. hahahaa :D

Terimakasih dintha yuneza atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
July 18, 2010 at 6:17 PM

bukan yg teristimewa dari nolan, tp masih tetep berkualitas layaknya film nolan yg lain. Sebuah standar tinggi layaknya pixar dlm animasi.

inception, film "gila" dlm ide dan berlanjut ke jalan ceritanya, berterima kasihlah pada nolan bersaudara, spesial efek dan hans zimmer tentunya...

Terimakasih kreshnahary atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
Anonymous
July 18, 2010 at 7:12 PM

iaaa memank mantappp terkesan sekaliii,, saya sendiri sudah nonton 2 kali tp satu hal yg ingin ku tanya akhir ceritanya sebnarnya si cob masih dalam mimpinya kan belum bangun?? apa ada yg tauuu???

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
Anonymous
July 18, 2010 at 7:36 PM

a new concept movie..
tapi memang harus nonton 2 kali biar bener2 pol..
hehehhee...

@ anonymous : menurut g sih, si cobb udah bangun pas d pesawat itu.. hehee..

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
July 19, 2010 at 12:38 PM

nurut banget sama si embak Jagoan Movies : jangan telat, konsentrasi, dan hasilnya ngga rugi. This movie's top notch! :D

Terimakasih diLa atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
Anonymous
July 19, 2010 at 3:02 PM

film terindah di tahun iniii!
mau lagi nonton buat yang kedua atau behkan ketiga kalinyaa!

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
Anonymous
July 19, 2010 at 8:02 PM

film keren, gila, cape pas habis nonton, bener dari awal sampai akhir dibuat mikir terus... hebat!!!

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
Anonymous
July 20, 2010 at 11:35 AM

om nolan kayaknya bikin agak menggantung di ending nya.si cob belom tentu udah bangun di pesawat,lha pas mau ketemu anaknya,totem yg dia puter belom berhenti....jangan2.... :D

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
July 20, 2010 at 3:27 PM

nagiiiihhhh!!!!!!

Terimakasih Me atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
Anonymous
July 20, 2010 at 10:16 PM

Nih film keren banget high recommend..gw malah mau nonton lagi nih gila ngga abis pikir gw...keren banget gw ga mau cerita banyak biar ngga jadi spoiler..
bener kata jagoan movies==lebih baik tonton dan rasakan keajiban dunia mimpi lewat film ini~

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
July 22, 2010 at 1:20 AM

wah thanks banget reviewnya. saya jadi tertarik nonton inception setelah baca review ini.

visit back, blog terkeren abad ini, hehe
http://nizarland.blogspot.com

Terimakasih n.i.z.a.r atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
dimas
July 22, 2010 at 12:56 PM

muantabb.. setuju banget kl nolan emang bener2 jenius, dia bisa bikin urusan mimpi jadi keliatan masuk akal. cara dia visualisasikan dunia mimpi jg bener2 orisinil karena biasanya film yg pake mimpi sbg temanya pasti ada hal2 aneh ato mahluk2 aneh.. trus dia kayak bikin film misi rahasia yg cerdas, tapi dunianya ga nyata.... gila kan...
, pokoke semua harus nonton film ini,... muantabbb...

Terimakasih dimas atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
max
July 22, 2010 at 1:55 PM

kalo anda menyarankan jangan baca review dulu sebelum nonton, saya justru sebaliknya. saya baca dulu sinopsisnya di wikipedia sebelum nonton. ga mengurangi kenikmatan pas nonton.(kebetulan saya bukan tipe yg anti spoiler)
justru dengan tau sinopsisnya saya bisa mengikuti alur ceritanya dan menikmati adegan2 yang sudah dinantikan. dan terhindar dari ketidakngertian setelah menonton film (yang membuat saya ga perlu menonton filmnya lagi untuk kedua kali).
asya paling menikmati adegan waktu kicknya berlangsung, dimana pindah2 dari dream 1 ke dream 2 dst. ngeliat van jatuh dalam super slow motion, trus pindah ke orang melayang2 di hotel, apalagi musiknya top banget, semakin menambah ketegangan.

Terimakasih max atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
July 23, 2010 at 8:44 AM

emang bener-bener bagus ya, JGH dan Ellen Page mencuri perhatian disini :D
saya setuju, tonton lagi! :)

Terimakasih adithumar atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
July 27, 2010 at 1:12 PM

nice review.....

Terimakasih Moviebuzzter atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
July 27, 2010 at 10:35 PM

Gua setuju kalo Nolan memang jenius. Tapi filmnya sendiri tidak terlalu istimewa menurut gua.

Terimakasih Bang Mupi atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
used to be A
July 29, 2010 at 8:20 AM

Baru nonton kmrn malem. B.A.G.U.S banget! must see movie of the year! mengakhiri dahaga setelah selama beberapa bulan nggak ada film bgs. Btw, mmg sebaiknya baca di wikipedia, karena banyak hal-hal detail yang bs buat kita lebih tercengang lg dengan tingkat kejeniusan sang Sutradara.
TOP bgt lah..
-5 of 5 stars-

Terimakasih used to be A atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
Anonymous
August 1, 2010 at 10:35 PM

i really LOVE this movie,.setelah shutter island.

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
Anonymous
August 9, 2010 at 9:32 AM

g baru nonton kemarin..
Hmm.. Film nya sih bener2 keren, dan seperti film "Matrix"...
Mawu tanya, diakhir cerita menurut kalian dan k'gaby sendiri, ituh Mimpi atau realitas? kasih alasannya yaaah... tx

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
Anonymous
October 9, 2010 at 3:20 PM

aku nonton film ini 2 kali sampe tiketnya masih disimpen di dompet haha :P

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
Anonymous
October 9, 2010 at 3:23 PM

film ini MASTERPIECE

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
November 4, 2010 at 8:54 AM

kalo menurut gw tuh ya.. sewaktu cobb menjemput saito yg terjebak dalam mimpi lapisan ke-4(saito sudah jd tua), saito menolak untuk mengikutinya dan menembak si cobb. akhirnya...
si cobb itu jatuh kedalam mimpi terdalam/mimpi lapis ke-5/LIMBO. makanya waktu cobb memutar gangsingnya ga jatuh2... hehe..

Terimakasih Aris atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
Anonymous
November 6, 2010 at 8:14 PM

Kehabisan kata-kata untuk memuji film ini... Dah melebihi standar kemampuanku memutar otak.

Kalo menurutku si Cobb berhasil menyelamatkan Saito terbukti dengan perputaran gangsing yang tidak stabil di akhir film walaupun sebenarnya tidak diperlihatkan sampai jatuhnya. Disinilah kehebatan Nolan yang berani menyerahkan persepsi kpd penonton.
Dan gambaranku, Cobb berhasil memberikan Inception kpd Saito mengenai dunia yg dia jalani hanyalah mimpi shg Saito berani memutuskan bunuh diri menggunakan pistol diikuti Cobb..
Yah, kali ini dia berhasil, walaupun sebelumnya dia gagal melakukan itu kpda istrinya.
Itu menurutku. Hehehehehe....

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
December 17, 2010 at 6:17 AM

kuereen

Terimakasih movie plus atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
Anonymous
February 6, 2011 at 1:54 PM

Kenapa banyak yang melebih2kan kalo film in susah dicerna, dan untuk memahaminya harus ditonton lebih dari sekali? padahal sebenarnya film ini sangat simpel, tipsnya: enjoy n jangan kebanyakan mikir...saya cm onton 1 kali and that's it I got it :D

though, this movie is a brilliant idea from Chris Nolan
---- airin

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
March 7, 2011 at 7:03 PM

excuse me, would you mind if I pul your blog's link to my blog? It really helps my practical final exam a lot.. thankss.. cheers

Terimakasih christopheradrianotampi atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
January 16, 2012 at 12:32 PM

Nice review gan...
Inception adalah salah satu film thriller favorit saya.
Blognya udah saya follow di blog saya. Please follow back ya di http://the-phobia.blogspot.com/

Thanks

Terimakasih firman atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION
August 8, 2015 at 9:07 AM

I was not that impressed with the film Inception, these people think it was a vision of Heaven or Hell. I see hundreds of films and it did not move me.

Terimakasih Richard Neva atas Komentarnya di REVIEW: INCEPTION

Post a Comment