March 31, 2010

REVIEW: HOW TO TRAIN YOUR DRAGON 3D




































"The front runner for the best animated film of the year."

Sepuluh tahun terakhir ini era animasi memang sedang dalam masa keemasannya, sebut saja animasi favorit banyak orang seperti Wall-E, Up, Finding Nemo, Ice Age, Shrek, Monster's Inc, Kung Fu Panda, dan judul yang lainnya. Kali ini giliran How To Train Your Dragon, sebuah animasi terbaru dari DreamWorks Animation yang akan masuk kedalam list favorit itu. Menurut saya pribadi, ini adalah animasi 3D terbaik yang pernah saya tonton sejauh ini. Tadinya saya skeptis dengan film ini, saat menonton trailernya pun saya kurang tertarik. Buktinya, saya sedikit terlambat dalam mereview filmnya disini. Ternyata saya salah, film ini bagus dan wajib anda tonton. Aspek 3D dalam film ini sangat indah dan terasa, didukung juga dengan jalan cerita yang bagus, gambar animasi yang menarik, komedi yang berhasil membuat penonton tertawa dan sebuah pesan baik yang tersimpan didalamnya.

Bercerita tentang Hiccup (Jay Baruchel) yang mempunyai mimpi untuk membunuh naga. Hal ini wajar saja, karena bangsa Viking memang dikenal karena keahliannya memburu naga-naga yang suka mencuri makanan dari desa mereka. Ayah Hiccup, Stoik (Gerard Butler) adalah kepala pembunuh naga yang paling ahli dan terpandang. Akan tetapi sang ayah selalu tidak menanggapi keinginan anaknya tersebut, Stoik selalu mempermasalahkan fisik Hiccup yang kecil dan kurus, padahal pria Viking lainnya bertubuh tegap dan kekar. Hiccup pun semakin menumbuhkan keinginannya itu, karena menurutnya dengan membunuh naga ia akan mendapatkan banyak teman dan juga seorang kekasih. Hiccup tidak tinggal diam, suatu hari ia berusaha untuk memburu naga dan secara tidak sengaja menembak seekor naga yang sedang terbang. Kebetulan naga tersebut adalah Night Fury, seekor naga misterius yang konon paling ditakuti oleh bangsa Viking.

Two tumbs up untuk DreamWorks Animation karena telah berhasil membawa animasi 3D selangkah lebih depan dibanding pesaingnya yang lain. Gambar How To Train Your Dragon sangat indah disaksikan dibalik kacamata 3D, terlihat begitu real dan eye-candy. Tidak hanya dari segi 3D yang mampu dibanggakan, cerita film ini pun sangat manis dan menarik untuk ditonton. Apalagi sang naga pemeran utama bentuknya juga lucu sekali, sekilas kalau dilihat mirip dengan tokoh Stitch dalam animasi Lilo & Stitch. Hehe.. Saya tidak berekspektasi tinggi pada saat menyaksikan film ini, maka saya sangat puas dengan hasil yang disajikan. Bahkan saya akan memasukkan film ini kedalam daftar animasi favorit saya. Durasi yang tidak terlalu panjang menurut saya juga menjadi salah satu faktor keberhasilan film ini, karena ceritanya jadi terasa pas dan tidak bertele-tele. The best 3D animation I've seen so far! :)





+ komentar + 10 komentar

March 31, 2010 at 9:07 AM

Beneran bagus ya? Saya agak ragu mau nonton apa nggak, apalagi baru-baru ini saya nonton Planet 51 yang jelas-jelas sangat tidak bagus...

Terimakasih Abi atas Komentarnya di REVIEW: HOW TO TRAIN YOUR DRAGON 3D
March 31, 2010 at 9:17 AM

saya barusan nonton, saya pikir ini juga cukup bagus :), tapi saya lebih suka animasi dari Pixar/Disney seperti Toy Story, Ratatouile, dan Up. Pixar/Disney memiliki keunggulan dalam hal artistik dan score yang keren. Tahun ini Toy Story 3 adalah salah satu film keluaran Pixar/Disney, tak sabar menunggunya!!!

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di REVIEW: HOW TO TRAIN YOUR DRAGON 3D
Anonymous
March 31, 2010 at 1:55 PM

klo menurut gw, pixar/disney emg udah ngasih standar tinggi buat film animasi. mereka unggul ga hanya dr gambar tp jg dr segi cerita yg orisinil(susah lho bikin crita orisinil di hollywood skrg). sedangkan skrg studio2 besar coba ngekor keunggulan pixar dr segi gambar tp mungkin sulit buat ngekor dr segi crita

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: HOW TO TRAIN YOUR DRAGON 3D
March 31, 2010 at 2:26 PM

percaya atau engga, dreamworks yg ini mirip cukup fokus untuk urusan adaptasi cerita dan art directionnya.

soal cerita, dari bukunya sendiri mungkin memang sudah menarik ya :D dan yg mantap masih ada 7 edisi buku ini xD

Terimakasih Yuwanto atas Komentarnya di REVIEW: HOW TO TRAIN YOUR DRAGON 3D
Anonymous
March 31, 2010 at 2:41 PM

bagus emang filmnya...:thumbup:

dari segala segi gw lebih meng-unggulkan ini daripada film pixar "UP" nga tahu deh klo nanti udah rilis toy story 3

tapi untuk tahun ini (2009-2010)
mary & max masih yang terbaik nih

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: HOW TO TRAIN YOUR DRAGON 3D
March 31, 2010 at 7:17 PM

setuj banget gab!! The best 3D animation so far

Terimakasih dr. B atas Komentarnya di REVIEW: HOW TO TRAIN YOUR DRAGON 3D
April 1, 2010 at 10:16 AM

HTTYD versi 3D emang fascinating to watch! mungkin karena temanya sendiri yang adventure banget jadi lebih kerasa 'wah'nya
kalo dari visual memang oke banget 3Dnya. ceritanya juga cukup bagus cuma well, Dreamworks emang taste jokenya agak beda sama Pizar's movie, masih terasa joke yang agak nakal gitu

Terimakasih Movietard atas Komentarnya di REVIEW: HOW TO TRAIN YOUR DRAGON 3D
April 3, 2010 at 6:56 AM

wah mantap reviews,bisa kasih alamat bwt download via IDW g?kunjungi jg websiteku y?biar kita bisa saling tukeran link.

mkasih

Terimakasih canvas art atas Komentarnya di REVIEW: HOW TO TRAIN YOUR DRAGON 3D
April 4, 2010 at 2:55 PM

@Abi: Hu`uh cool abis, ceweq ane aja sampai nangis2x ane ajak nonton pelem ini. Katanya sih terharu gitu :D kwkkwkwkw

Terimakasih HdMovie atas Komentarnya di REVIEW: HOW TO TRAIN YOUR DRAGON 3D
July 14, 2010 at 2:16 PM

kren nih film. gw dah nonton :)

btw, follow blog gw ya
http://chalidaltheir.blogspot.com/

thanks

Terimakasih Chalid (Teknik Informatika UB) atas Komentarnya di REVIEW: HOW TO TRAIN YOUR DRAGON 3D

Post a Comment