March 14, 2010

REVIEW: IT'S COMPLICATED

























"First comes marriage. Then comes divorce. And then..."

Tadinya saya kurang tertarik untuk menyaksikan It's Complicated di bioskop, karena saya kapok dengan tema percintaan orang tua yang biasanya tidak terlalu kena 'feel'nya dengan saya dan lumayan membosankan. Akan tetapi kemarin saya mendapatkan kesempatan untuk ikut dalam media screening film ini di Plaza Senayan dan 'ohh my Gooddddd' ternyata filmnya menyenangkan sekali! Saya bahkan sampai memutuskan akan mengajak pacar saya kembali menonton film ini minggu depan ketika filmnya sudah tayang di bioskop. Sebetulnya kalau dilihat dari sutradaranya, Nancy Meyers, saya sudah sedikit menduga film ini mungkin akan menghibur seperti film-filmnya terdahulu, seperti The Holiday(2006), Something's Gotta Give (2003), What Woman Want (2000), dan The Parent Trap (1998). And I was right, the movie was so funny and entertaining! Ibu saya yang kemarin ikut menonton bahkan tertawa lebih keras daripada saya. Sejak awal hingga akhir, humor dalam film ini mampu membuat kami berdua tertawa terpingkal-pingkal, menurut saya ini adalah sebuah hal yang hebat karena meskipun film ini mengusung tema percintaan orang tua, namun tetap bisa dinikmati oleh saya yang masih 20-an.

Bercerita tentang Jane (Meryl Streep) seorang wanita pemilik toko roti yang sudah bercerai dengan Jake (Alec Baldwin) sejak sepuluh tahun yang lalu. Jake meninggalkan Jane karena wanita yang lebih muda dan kemudian menikah dengan wanita muda tersebut lalu mempunyai seorang anak lelaki. Jake dan Jane pun telah mempunyai tiga orang anak yang semuanya sudah beranjak dewasa, Lauren (Caitlin Fritzgerald) dan tunangannya Harley (John Krasinski) sudah memiliki rencana untuk menikah, lalu Gabby (Zoe Kazan) yang akan keluar dari rumah dan tinggal sendiri, lalu Luke (Hunter Parrish) yang sedang menunggu upacara wisuda beberapa hari lagi. Ketika sedang berada di New York untuk persiapan wisuda Luke, Jane dan Jake tidak sengaja bertemu di bar yang berakhir di atas ranjang. Hal ini kemudian berlangsung terus menerus. Jane merasa bersalah karena Jake telah mempunyai seorang istri dan ini menempatkan dirinya di posisi sebagai selingkuhan. Sebuah hal yang lucu sekali yaa berselingkuh dengan mantan suami sendiri? Di sisi lain, Jane yang sedang merenovasi rumahnya berkenalan dengan seorang arsitek baik hati yang ternyata naksir dengannya, Adam (Steve Martin). Hal ini lah yang membuat Jane bingung, meneruskan perselingkuhan dengan sang mantan suami atau membuka lembaran baru dengan Adam? It's complicated! :p

Saya sangat menyukai film ini dan mungkin perempuan diatas 30 tahun akan lebih menyukai film ini lebih dibanding saya. Sepertinya semua wanita akan menyukai film ini. Saya tidak tahu dengan pendapat para pria, akan tetapi film ini rasanya memang lebih mengangkat humor dari sisi wanita. Jika para pria punya The Hangover, maka wanita boleh menggunakan It's Complicated sebagai jagoannya. Permasalahan disini lebih menyentil permasalah yang sering dialami para wanita. Trust me, you will love it! Memang ketika menjelang akhir, filmnya seperti terasa kehilangan arah, tapi itu sama sekali tidak menggangu mengingat judulnya sendiri mengambil embel-embel 'complicated'. Tawa yang berhasil dihasilkan sejak awal film mampu memaklumi kekurangan itu. Cerita buatan Nancy Meyers ini mengangkat tema yang sederhana seperti halnya film dalam genre sejenis (re: romcom), namun berhasil membawa suguhan komedi yang fresh dan menggelitik, apalagi film ini mempunyai tiga pemeran utama yang memiliki chemistry satu sama lain.

Para pemain utama di film ini bermain apik dan sesuai dengan karakter masing-masing. Rasanya saya sudah kehabisan kata-kata untuk memuji akting seorang Meryl Streep yang selalu bermain baik dalam setiap filmnya. Kita bisa melihatnya bermain serius, kita juga bisa melihatnya bermain lucu. Keduanya bagus. Bahkan diusianya yang sudah pantas dipanggil nenek, ia masih terlihat menarik dan menggoda dalam film ini. Seorang aktris yang luar biasa. Adore her so much! Lalu ada Alec Baldwin yang bermain sangat sangat sangat baik disini. Menurut saya ini adalah salah satu penampilan Alec Baldwin yang terbaik. Begitu juga dengan Steve Martin, perannya disini berbeda dengan peran nyelenehnya dalam The Pink Panther. Disini Steve Martin lebih dengan muka yang serius namun tetap menggelitik perut di setiap kalimat lelucon yang dilontarkannya, ia juga berhasil menumbuhkan sisi simpatik pada karakternya. Ada satu lagi karakter yang sangat mencuri perhatian dalam film ini, yaitu karakter Harley yang diperankan oleh John Krasinski. Ia berhasil tampil sangat lucu dan menghidupkan karakter yang diperankan. Setiap kehadirannya pasti membuat tawa para penonton terpecah. Setelah Away We Go (2009) dan film ini, saya yakin John Krasinski akan semakin mulus berkarir di jalur komedi Hollywood. Tontonlah film ini dan anda akan terhibur, apalagi kalau anda wanita, saya jamin anda akan tertawa terbahak-bahak dari awal hingga akhir, worth to watch!






+ komentar + 4 komentar

March 15, 2010 at 7:48 AM

Aku juga ngakak puoll lho liat film ini. Alec Baldwin gilaaaaa....paling suka dengan adegan "home sweet home". Nakal banget tangan itu orang :D
Insiden chat sukses membuat jijik meski sangat lucu. Dan ternyata itu pake body double lho.
Nancy Meyers memang paling paham problem wanita dewasa.

Terimakasih gilasinema atas Komentarnya di REVIEW: IT'S COMPLICATED
Anonymous
March 15, 2010 at 10:18 AM

bagus mana ya aktingnya di julie & julia? meryl streep aksen dan gayanya lucu banget di situ, jadi penasaran sama film ini. karena usia saya tidak jauh beda dengan pemerannya (nah lo) :P

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: IT'S COMPLICATED
March 15, 2010 at 7:02 PM

rajin bgt ulis blog...
guru, hebat bisa masuk google..
ajarin dunk..
oh iya, movue palin hot tahun 2009 apa?...

Terimakasih film kontroversi atas Komentarnya di REVIEW: IT'S COMPLICATED
March 15, 2010 at 10:38 PM

@ Om Gila: Iya Alec Baldwin lucu sekaliiii, perutnya buncitttt.. Haha.. Adegan chat itu sumpah bikin ngakak..

@ Mas Eka: Sama bagusnya mas, Meryl Streep memang jagonya deh.. Coba nonton ini.. :)

@ film kontroversi: makasih yaa.. :)

Post a Comment