March 28, 2010

ACTOR: JAMES FRANCO























James Edward Franco lahir pada tanggal 19 April 1978 di Palo Alto, California. Aktor asal Amerika ini memulai karir di dunia perfilman pada tahun 1999 di serial televisi Freaks and Geeks (NBC). Film pertama yang dibintanginya adalah Whaterver It Takes (2000). Nama James Franco mulai dikenal sejak ia main dalam serial televisi James Dean pada tahun 2001 dan berhasil membuahkan piala Golden Globe dalam kategori Best Actor - Television. Ia kemudian menghadiahkan piala pertamanya ini kepada sang ibu tercinta. Karirnya kian menanjak dan James selalu mengambil peran-peran yang lekat di ingatan penonton, seperti menjadi gigolo dalam Deuces Wild atau remaja kecanduan narkotika dalam City by the Sea. Kedua perannya dalam film ini didapat atas rekomendasi Robert De Niro yang terkesan dengan aktingnya dalam serial James Dean.

Sebuah peran besar sebagai Harry Osborn dalam Spider-Man (2002) langsung membuat namanya meroket seketika. Ia pun bermain dalam trilogi Spider-Man karya Sam Raimi. Meskipun awalnya ia mengikuti audisi untuk mengisi peran Peter Parker yang kemudian diperoleh oleh Tobey Maguire, tapi sepertinya menjadi sang tokoh antagonis memang sudah jalan keberuntungannya. Seiring dengan karirnya yang semakin menanjak di Hollywood, James terus bermain dalam film seperti The Great Raid, Paint, Tristan and Isolde, Camille, Fly Boys, Annapolis, Nights in Rodanthe, dan lain-lain. Tahun 2008 kemarin ia bermain dalam sebuah film komedi berjudul Pineapple Express bersama komedian Seth Rogen, filmnya sendiri sukses di pasaran. Melalui film tersebut James Franco kembali membuktikan dirinya mampu bermain dalam peran apa saja, termasuk komedi. Di tahun yang sama, ia juga beradu akting dengan aktor senior Sean Penn dalam film Milk. Aktingnya sebagai homosexual di film ini mencuri perhatian dan mampu mengimbangi Sean Penn, ia pun mendapatkan piala dari Independent Spirit Award dalam kategori Best Supporting Actor.
























Tidak cukup hanya dalam bidang akting, James Franco juga rupanya tertarik menulis dan menyutradai film. Ia mengaku memang sudah mengidamkan hal ini sejak dulu. Bahkan ia sekarang sudah mempunyai sebuah rumah produksi sendiri yang bernama Rabbit Bandini Productions. Hebat! Selain dalam bidang perfilman, James ternyata pandai melukis. Ia sejak dulu selalu mengisi hari-harinya dengan melukis, sampai sekarang pun jika ada waktu senggang ia selalu melukis. Tidak tanggung-tanggung, hasil karya lukisannya sudah banyak yang dipajang di Glu Gallery, Los Angeles. Memang tidak salah kalau James mendapat predikat '50 Hottest Bachelors' oleh People Magazine tahun 2004, sudah ganteng, pintar akting, berjiwa seni tinggi pula. Hehe..

Tahun 2010 James Franco mengambil lima proyek film sekaligus yaitu Howl, Date Night, Eat Pray Love, Your Highness, dan 127 Hours. Dengan kualitas akting diatas rata-rata, kepribadian yang baik, dan tetap mengambil peran yang bervariasi, James Franco akan semakin bersinar! :)
























Random Facts:
* Dipanggil dengan nama Ted semasa SMU dan mendapat julukan 'Best Smile' pada masa bersekolah.
* Memiliki darah campur aduk, karena sang ayah keturunan Portugis - Swedia dan sang ibu keturunan Rusia - Yahudi.
* Pertama kali merasakan keluar negeri adalah pada saat syuting film The Great Raid (2005) di Australia.
* Idola masa kecilnya adalah Tony Hawk.
* James Franco tidak suka memakai jam tangan.
* Di drop out dari kampusnya di UCLA, lalu orang tuanya tidak memberikan uang lagi, kemudian ia bekerja di McDonalds.
* Mengidolakan Robert De Niro, Al Pacino, Jack Nicholson, Marlon Brando, dan Catherine Keener.

"The tip that I’ve gotten for success in movies and other areas is to not stop doing whatever got it good. For myself that’s working as hard as I can on the roles and staying focused on the acting."

"I think I’m just a mild-mannered guy."

"When I was a child, I wanted to be an actor, but I had really bad buckteeth. I didn’t want to get braces, but my mom said I couldn’t be an actor if I didn’t get the braces. So, I got the braces."

"My motto is: I work hard, whether or not it goes well. I try to stay away from a vengeance mentality. Just do my work and move on."





+ komentar + 14 komentar

March 29, 2010 at 4:16 AM

aku suka Franco (blushing mode on)
suka sejak dia jadi James Dean di series HBO dulu dan well, abis itu jarang banget kelewatan film"nya.Dan dia termasuk yang berani dalam milih peran ya, aku suka sama pilihan filmnya dia,exciting!jadi gigolo di Sonny, bandar di Pineapple Express, gay di Milk dan well,yang aku tunggu sih Howl and Your Highness.
boleh nambahin data dikit tentang Franco gak gab? Franco emang DO dari UCLA, tapi dia skrg kuliah lagi,double pula di Columbia and NYU. setahuku juga dia sempet bikin project short film yang menang di Teddy award yang bertema LGBT gitu
dia juga punya adik, namanya Dave Franco yang juga aktor (main di Scrubs)
kalo lagi iseng, buka aja situs funnyordie.com, disitu Franco gila banget,suka ngasi pelajaran akting or pura" ngasi commencement speech tolol gitu,this guy definitely have a great sense of humor!

Terimakasih Movietard atas Komentarnya di ACTOR: JAMES FRANCO
March 29, 2010 at 4:55 AM

@ Movietard : Wahh makasih lho info tambahannya.. Hehe.. James Franco ini memang salah satu aktor favoritku juga.. Makanya pas nulis artikel ini excited sendiri jdnya.. :p Peran2 yg dia ambil kynya ga ngasal.. Yakin banget deh kalau semakin kesini nama dia bakal makin bersinar!! :)

March 29, 2010 at 7:50 AM

Kalo gak banyak polah aneh-aneh, rasanya Oscar suatu saat dapat dia raih. Aku melihat dia itu sebagai "new Jhonny Depp".

Struktur wajahnya memungkinkan peran yang beragam.

Terimakasih gilasinema atas Komentarnya di ACTOR: JAMES FRANCO
March 29, 2010 at 12:25 PM

Betul di Milk, penampilan James Franco berubah total. Bagus sekali.

Terimakasih Bang Mupi atas Komentarnya di ACTOR: JAMES FRANCO
March 29, 2010 at 3:12 PM

hwaa, gw kok malah biasa aja yah sama James Franco, walopun dalam memilih peran gue akuin dia masih lebih smart dibanding rekan2 seangkatannya, hehe dan plis Om Gila sinema pliss deh apa tuh maksudnya New Johnny Depp (sini ada yang esmosi) hahahahaha..

tapi mungkin karena gue ga terlalu merhatiin film2nya kali ya, gue bahkan belum nntn Milk ama Pineapple Express.. x)

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di ACTOR: JAMES FRANCO
March 29, 2010 at 3:13 PM

btw, gab, komen diatas itu komen gue hehehe

Terimakasih iin atas Komentarnya di ACTOR: JAMES FRANCO
March 30, 2010 at 1:20 PM

James Franco yang pantas jadi Peter Parker, Tobey Maguire lebih tua 4 tahun dari James. Sekarang Tobey Maguire sdh mengundurkan diri dari Spider Man, dari awal aku gag suka Tobey Maguire di Spider Man

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di ACTOR: JAMES FRANCO
March 30, 2010 at 1:52 PM

setuju sama om gila kayaknya dia bakal jadi next johnny depp, saya makin suka dengan aktingnya pas MILK, malah aneh aja dia gag masuk nominee malah si josh brolin...sepertinya si franco suka ngambil film2 yang menantang dan aneh seperti Camile...setidaknya saya tidak melihat dia hanya berujung di serial spiderman...hahahahahaha lanjut ni pengen liat aktingnya di eat pray and love...

Terimakasih andy&delupher atas Komentarnya di ACTOR: JAMES FRANCO
March 30, 2010 at 7:09 PM

@ Iin: Coba nonton film2nya deh in, pasti jatuh hati.. :)

@ Kharisma: Sutradara Spider-Man si Sam Raimi udah ga lanjutin proyek ini lagi, jadi kynya bukan si Tobey Maguire yg ngundurin diri deh.. Hehe.. Nanti reboot spiderman bakal dipegang sama Marc Webb (sutradaranya 500 days of summer), trus pemeran utamanya mungkin Logan Lerman (Percy Jackson), msh belum pasti.. Tp yg pasti anak muda, karena filmnya bakal cerita ttg Peter Parker remaja.. :)

@ Andy: Yup, itu salah satu alasan saya suka sama Franco, pinter milih2 peran.. Ga asal ambil ky rekan2 seumur yg lain.. :)

March 30, 2010 at 8:59 PM

@ Gabby Hakim : Marc Webb? setahu saya dia cuma sutradara video muzik seperti band Green Day atau P.O.D, tapi gak apa-apa, dulu Sam Raimi adalah sutradara spesialis horor.
Saya sendiri belum nonton 500 days of summer, hehe...

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di ACTOR: JAMES FRANCO
March 30, 2010 at 9:49 PM

Me too. I really like him. Aku merasa kalau dia ganteng. Sedih sekali lihat dia mati di akhirnya film *spoiler* Spidey 3.

Terimakasih maxim84 atas Komentarnya di ACTOR: JAMES FRANCO
March 30, 2010 at 11:43 PM

@ Kharisma: Yup betul banget, Marc Webb itu tadinya memang sutradara video klip musik, (500) Days of Summer itu debut film pertama dia (CMIIW). Nahh karena debutnya sendiri sukses, dia dipercaya untuk pegang reboot Spider-Man, ini udah official dan fix. Gimana hasilnya, saya ga terlalu yakin, tp yaa saya sendiri suka sama (500) Days of Summer, jadi semoga aja bagus hasilnya.. :)

@ maxim84: memang ganteng!! Haha.. Well..kynya ga semua orang bilang dia ganteng sih, tp menurut saya sih dia enak dilihat dan ga ngebosenin, senyumnya manis.. Hahahahaha..

March 10, 2011 at 3:27 PM

aku juga suka bgt sama james franco..cakep ( mirip bgt james dean)..pinter akting..tapi ga doyan klo dia main jadi yg urakan...paling suka dia jadi cowo patah hati di tristan isolde meski filmny ga bagus2 amet

Terimakasih emma atas Komentarnya di ACTOR: JAMES FRANCO
December 23, 2012 at 1:48 PM

hhmmmm............
i like him because he is handsome,smart and cute
i know i like him since year 2007
yupz! i love him ............
from 2007-..........
( close my eyes i think )
:)

Terimakasih Tasya Maulida Hermansyah atas Komentarnya di ACTOR: JAMES FRANCO

Post a Comment