January 20, 2010

REVIEW: 3 IDIOTS



"All is Well"

3 Idiots adalah sebuah film India yang disutradarai oleh Rajkumar Hirani. OK wait, who the hell is Rajkumar Hirani? I don't even know that name. Seriously, I'm not a Bollywood-movie-lover. Saya tidak tahu apa-apa tentang dunia perfilman Bollywood. Nama-nama yang saya tahu paling cuma Amitabh Bachchan dan Shahrukh Khan, belakangan ini baru tahu Dev Patel dan Freida Pinto karena Slumdog Millionaire (2008). Selebihnya paling cuma pernah nonton Kuch Kuch Hota Hai (1998) dan beberapa film India lain yang tidak saya ingat judulnya, yang dulu lumayan sering diputar di televisi lokal. Haha.. Tiba-tiba minggu ini teman-teman saya sedang heboh tentang film 3 Idiots, katanya bagus. Tertarik lah saya untuk mencoba menonton film ini. Di bioskop pula, mungkin ini pertama kalinya saya nonton film India di bioskop. Beruntung, Blitzmegaplex menayangkan film ini secara eksklusif, jadi saya tidak perlu repot mencari dvdnya. Lagian, mau cari dimana juga dvd film India? Hehehe..

Ternyata benar, 3 Idiots bagus. Sebuah film yang sangat inspiratif. Ceritanya tentang Farhan (Madhavan) dan Raju (Sharman Joshi) yang sedang bersusah payah mencari teman mereka yang bernama Rancho (Aamir Khan). Mereka bertiga pertama kali bertemu di awal tahun ajaran Universitas dan menjadi akrab karena mereka adalah teman sekamar. Sangking akrabnya, mereka dijuluki '3 Idiots'. Rancho adalah pemuda yang sangat pintar namun memiliki jalan pikiran yang unik dan selalu berbeda dengan orang lain. Seorang yang jenius dengan caranya sendiri. Rancho menginspirasi Farhan dan Raju dengan kalimat-kalimat bijaksana yang sering ia ucapkan (dan juga menginspirasi saya tentunya). Farhan, yang dipaksa orangtuanya untuk kuliah di jurusan teknik mesin, padahal sebenarnya ia sangat mencintai bidang fotografi. Ia tidak berani untuk menentang dan mengecewakan ayahnya, maka bakat dan keinginannya untuk menjadi seorang fotografer hewan dipendamnya dalam-dalam. Lalu ada Raju, berasal dari keluarga yang tidak mampu. Ayahnya sakit-sakitan, ibunya membanting tulang untuk membayar uang kuliahnya, lalu adik perempuannya belum menikah karena kendala biaya. Rancho, Farhan, dan Raju bersahabat sangat erat sampai akhirnya di hari kelulusan tiba-tiba Rancho menghilang. Lalu dimulailah perjalanan dua sahabat itu mencari sahabat mereka yang hilang.

Saya sangat menyukai film ini. Mulai dari akting para pemainnya, sinematografi, plot cerita, karakter dalam film, bahkan sampai soundtracknya sekalipun. Meski berdurasi 3 jam, film ini sama sekali tidak membuat saya bosan. Flashback cerita ke masa awal masa mereka kuliah begitu seru untuk dinikmati. Kenakalan mereka, sampai professor yang galak sangat amat menghibur saya. Ngomong-ngomong soal professor, akting Boman Irani sebagai Prof.Viru Sahastrabudhhe saya acungi dua jempol! His acting ability is so brilliant. He plays his character so well, that you love to hate him. Sebenarnya bukan cuma akting Boman Irani yang perlu dipuji, Aamir Khan juga sangat baik dalam memerankan perannya. Begitu juga dengan Sharman Joshi, Madhavan, dan Kareena Kapoor. Tetap ada adegan nyanyi dan nari sih disini, tapi bisa dimaklumi koq. Malahan saya salut dengan konsistensi dalam setiap film Bollywood yang selalu mempertahankan tradisi dan ciri khas mereka. Lelucon-lelucon dalam film ini sukses membuat saya tersenyum sampai tertawa. Lalu ketika mulai masuk pertengahan, film ini berhasil membuat saya terharu sampai menangis. Tiba di akhir, film ini benar-benar membuat saya terinspirasi. India memang jagonya deh mencampuradukkan berbagai macam emosi penonton. Film Bollywood terbaik yang pernah saya tonton. :)


"Whatever the problem in life is, just say to yourself 'All is Well'. This won't solve your problems but it will give the courage to face it."

"Chase Excellence and success will follow."

"Life is not about getting marks or grades but chasing your dreams."






+ komentar + 12 komentar

January 21, 2010 at 2:18 PM

wah ternyata filmnya bagus ya?
kirain biasa ajah,nyesel deh gak nonton :(

Terimakasih Powerrangga atas Komentarnya di REVIEW: 3 IDIOTS
January 21, 2010 at 4:07 PM

udah lama banget ga nonton film Indiaa!!! kayaknya ga bakaal nongol disini deh T,T , slumdog aja ga keluar. mudah-mudahan nemu DVD nya..nice review Gabby..

Terimakasih miwwa atas Komentarnya di REVIEW: 3 IDIOTS
January 21, 2010 at 6:46 PM

wah klo yg empunya blog ampe nangis
brarti emg bgus pelemnya
jd pgen ntn, d bdg ad ga ya
btw gab, kok blum bahas majalah pelem bulan ini..udah kluar smua tuh

Terimakasih kreshna atas Komentarnya di REVIEW: 3 IDIOTS
January 21, 2010 at 11:16 PM

@ Rangga : bagus lho!! :))

@ miwwa : main di blitzmegaplex koq.. tp di 21 ga main.. masih main tuh buruan nonton.. :)

@ kreshna : iya emang bagus filmnya, mencampuradukkan emosi saya. LOL
majalah film bulan ini cuma beli TOTAL FILM, nanti deh dibahas. Bangkrut klo beli majalah mulu. hehe..

January 23, 2010 at 9:51 AM

waah,klo baca dari reviewnya siy kayaknya filmnya emang bagus..
tapi cuma ada di blitz yah? yaa,di tempatku g da blitznya.. hiks..
btw,siy amir emang masih kliatan kayak anak kuliahan? bukannya bliau uda usia senja? wkwkwk..

Terimakasih nuccas atas Komentarnya di REVIEW: 3 IDIOTS
January 23, 2010 at 3:50 PM

@ nuccas : Nahh justru itu yang bikin saya salut. Umur Aamir Khan udah 40an tp main disini masih cocok dan bagus. Mungkin krn didukung muka yang babyface juga kali yaa.. Tp bagus sih akting dia.. Dan film ini bagus.. :)

January 24, 2010 at 1:54 PM

bagus yaaa 3 idiots..bner2 film yg bisa bikin nangis dan ketawa!
gak ketebak bgt ceritanya

Terimakasih crazy lil outspoken girl atas Komentarnya di REVIEW: 3 IDIOTS
Anonymous
March 1, 2010 at 10:29 PM

Film India terbaik yang pernah ditonton.....cerita sederhana yang dikemas dengan baik...kreativitas dan detail sinematografi menunjukkan bahwa film ini bukan asal kejar tayang......kapan Indonesia bisa ngejar....nunjukin budayanya aja malu....malah sok2 an barat2...salut buat 3 Idiot....all izz well

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: 3 IDIOTS
March 19, 2010 at 10:16 PM

Kalau kelakuan Rancho ditiru untuk diterapkan di PT di Indonesia bagaimana jadinya ya??? Hehehe...

Terimakasih 3 Idiots atas Komentarnya di REVIEW: 3 IDIOTS
March 26, 2010 at 4:56 PM

stupid movie... and konyol, gak bermutu...terlalu diada adakan...mata amir kan nyeremin deh...dah Tua kali gak usah merasa masih muda...

Terimakasih desikhan atas Komentarnya di REVIEW: 3 IDIOTS
August 25, 2010 at 3:12 PM

haduh2 film ini memang top dah
suka bgt sama film ini sampe pengen liat film itu berulang2 hehe :P
pas liat film ini perasaan kayak dicampur aduk, ada sedih senengnya
beruntunglah saya masih bisa liat :P

Terimakasih Rara Raiza atas Komentarnya di REVIEW: 3 IDIOTS
Anonymous
December 7, 2011 at 6:04 PM

selain film ni, ada lagi gk yang sma ?
karena film ni memang inspiratif

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: 3 IDIOTS

Post a Comment