January 24, 2009

REVIEW: RED CLIFF 2






























Red Cliff salah satu film mandarin yang masuk ke daftar wajib tonton saya! Dengan bertambahnya Red Cliff, John Woo sang sutradara pun pantas menerima predikat sineas Asia paling berbakat saat ini (menurut saya lho). Dengan budget $80juta ia sudah dengan sangat apik mempersembahkan film sejarah perang terbesar di tanah China. Sedikit flashback ke Red Cliff 1, film pertama ini mengisahkan ambisi besar Perdana Menteri Cao Cao yang ingin menyatukan semua daratan China dibawah dinasti Han. Kemudian mulailah ia menyerang kerajaan" Xu di bagian barat dan Wu di bagian selatan. Di Film Red Cliff I Cao Cao berhasil menggempur habis-habisan, Liu Bei dipaksanya untuk melarikan diri ke utara. Atas diplomasi sang ahli strategi perang Zhu ge Liang, kerajaan Wu yang dipimpin oleh Sun Quan berhasil bersekutu dengan Jendral Zhou Yu untuk melawan Cao Cao. Film diakhiri dengan kekalahan Cao Cao menghadapi strategi perang formasi kura-kura Zhu ge Liang dan 2 ribu kapal menuju Red Cliff untuk menggempur habis kerajaan Wu. Di Red Cliff 2 menggambarkan puncak perperangan di karang merah yang merupakan awal dari runtuhnya Dinasti Han sehingga berubahnya sejarah negeri China. Kekuatan Perdana Menteri Cao Cao yang berjumlah 10 kali lebih besar pada akhirnya telak dihancurkan oleh secangkir teh! Hohoho.. Jujur saja saya lebih suka dengan Red Cliff 1! Di film pertama menurut saya penyajian karakternya terasa lebih pas dan adil. Namun di Red Cliff 2 lebih banyak porsi perangnya, bukannya ga keren lho, tapi mungkin karena saya perempuan kali yaa, jadi kurang suka kalau perangnya terlalu banyak menyita sepanjang film. Tapi overall Red Cliff 1 dan 2 masuk kategori recomended chinese movie versi Jagoan Movies deh! Btw, buat yang pengen nonton Red Cliff 2 tapi belum nonton yang pertama, saya saranin buat beli dvdnya dulu aja, soalnya temen saya yang belum nonton versi pertamanya ngaku ga ngerti jalan ceritanya.

+ komentar + 7 komentar

January 26, 2009 at 1:47 PM

gue malah belum liat yang pertama.
makanya pas nonton ini agak gak nyambung hihi..

tapi red cliff 2 aja udah bagus, gimana yang pertama ya?

Terimakasih peps atas Komentarnya di REVIEW: RED CLIFF 2
January 26, 2009 at 11:14 PM

bagusan yang pertama sih menurut gw..
penjiwaan karakternya lebih kuat..
kalo yang kedua lebih mengedepankan perangnya..
dua2nya bagus sih..
tergantung selera aja..
hohoho.. :)

January 29, 2009 at 12:54 AM

"Atas diplomasi sang ahli strategi perang Zhu ge Liang, kerajaan Wu yang dipimpin oleh Sun Quan berhasil bersekutu dengan Jendral Zhou Yu untuk melawan Cao Cao."

Kalimat diatas aneh?@*!?
Bukannya Zhou Yu itu jenderalnya kerajaan Wu, otomatis bawahan Sun Quan dong. Koq Zhou Yu bersekutu dengan Sun Quan? Bukannya sebagai Raja Wu, Sun Quan berhak memerintah Zhao Yu sekehendak hatinya????

Terimakasih AndoRyu atas Komentarnya di REVIEW: RED CLIFF 2
January 30, 2009 at 12:38 AM

Wah, setelah nonton Red Cliff 1 & 2 ... Kesimpulanku cuma satu ... MENGECEWAKAN ...

Bener bener bingung kemana itu katanya bigbudget movie? Biasa aja menurutku. Film perang mandarin lain sepertinya banyak yang lebih kolosal.

Dan ceritanya itu ... Hm ... Di posting ini kamu udah beberin dengan jelas ... Dan 'pengkatrolan' peran Xiao Qiao didalam cerita itu jelas sangat menganggu.

Strategi perangnya pun, hm gak realistik ...
Speachless deh ... total disaster ... Memang John Woo lebih baik tetap garap film action ... Aku fans film-film action nya.
Wah sorry agak emosional. Sebagai pencinta Samkok mungkin terlalu berharap banyak sama film ini.

Sepertinya WARLORDS jauh lebih bagus dibanding film ini. Mungkin film ini memang lebih bagus ditonton sama orang yang belum baca samkok.

BTW aku juga review:
http://grandeicecaramelmachiato.blogspot.com/2008/03/three-virtues-1.html
dan
http://grandeicecaramelmachiato.blogspot.com/2008/04/fall-of-guan-yu-rise-of-lu-xun.html

Hope we can be friend. Cheers.

Terimakasih Wibowo Kosasih atas Komentarnya di REVIEW: RED CLIFF 2
January 31, 2009 at 12:20 AM

maklum saya cuma amatiran..
kalo ada salah" harap dimaklumi..
:)

February 3, 2009 at 11:12 PM

Ow ... Gabby reviewnya bagus kok.
Gue agak kecewa aja ama movienya ... Keep on blogging ya ... bakal sering sering lihat blog ini ... Sapa tau ada resensi film keren ... hehehe ...

Terimakasih Wibowo Kosasih atas Komentarnya di REVIEW: RED CLIFF 2
February 3, 2009 at 11:36 PM

ahh tulisanku ga seberapa bagus koq..
khan masih dlaam tahap belajar..
kalau ada yang suka baca blogku yaa aku seneng banget..
hihihi..
makasih yaa udah mau sering mampir.. :)

Post a Comment