June 18, 2010

REVIEW: THE KARATE KID




































"Win or lose, I don't wanna be afraid anymore"

The Karate Kid adalah sebuah remake dari film klasik berjudul sama yang terkenal pada tahun 1984. Meski saya belum menonton versi asli, namun dari review yang ada mengatakan bahwa film ini cukup setia mengikuti alur aslinya, bahkan lebih baik. Namun ada satu hal yang janggal, yaitu tidak ada karate disini, melainkan kung fu. Banyak yang menyarankan kalau film ini lebih pantas disebut 'Kung Fu Kid'. Menurut saya karate atau kung fu tidak terlalu menjadi bermasalah, yang terpenting adalah film ini menghibur. Faktor utama yang menarik saya untuk menonton tentu saja adalah Jaden Smith. Anak dari aktor kawakan Will Smith yang sangat mencuri perhatian dalam The Pursuit of Happyness (2006) ini memang sudah membuat saya jatuh cinta ketika itu, sekarang saya penasaran bagaimana aksinya dalam The Karate Kid!

Filmnya bercerita tentang Dre Parker (Jaden Smith) yang harus pindah dari Detroit menuju Cina bersama ibunya Sherry Parker (Taraji P. Henson), dikarenakan pekerjaan sang ibu menuntut mereka untuk pindah. Sesampai di Cina, Dre langsung jatuh hati dengan teman sekolahnya yang bernama Meiying (Wenwen Han). Namun ternyata ia pun harus berurusan dengan sang jagoan sekolah, Cheng (Zhenwei Wang) dan komplotannya. Di hari pertama saja Dre sudah dipukuli sampai babak belur. Dre pun ketakutan dan tidak bisa membayangkan bagaimana nasipnya di negara baru itu, bahkan di sekolah ia setiap hari harus menghindar dari Cheng dan kawan-kawan agar tidak diganggu dan dipukuli. Beruntung ternyata tukang memperbaiki alat di tempat tinggalnya, Mr.Han (Jackie Chan), jago kung fu dan mau mengajarinya agar ia tidak perlu ketakutan lagi.

Two tumbs up untuk akting Jaden Smith disini, meskipun bermodalkan nama besar ayah dan ibunya namun Jaden membuktikan kalau dirinya mampu bermain dengan baik bahkan sejak usia dini. Saya yakin kalau Jaden sangat bekerja keras berlatih kung fu untuk dapat bermain dalam film ini. Mengingat usianya yang masih sangat muda, saya salut! Di lain pihak, dengan usia yang sudah tidak muda lagi, Jackie Chan masih belum kehilangan pesonanya. Gerakannya tetap sangat lincah dan didukung akting yang luar biasa. Begitu juga dengan Taraji P. Henson yang kembali bermain baik setelah juga bermain mengesankan dalam The Curious Case of Benjamin Button (2008). She was so hilarious in this movie! Para pemain utama disini melakukan tugasnya dengan sangat baik, well..meskipun anak-anak Cina yang bandel itu wajahnya mengesalkan sekali. Hehe..

Plot cerita The Karate Kid bisa dibilang biasa-biasa saja, tidak ada yang istimewa dan sudah sangat tertebak dari awal. Durasinya memang sedikit terlalu panjang menurut saya, namun tetap menghibur melihat tingkah pola Jaden Smith yang super imut. Apalagi melihat kalau pada akhirnya ia bisa menaklukkan kung fu! Puas rasanya. Film ini sangat cocok untuk ditonton keluarga; hiraukan jalan cerita, nikmati saja filmnya, ikut tertawa dengan seisi bioskop lainnya, dijamin anda pasti akan terhibur. Intinya, film ini sama sekali tidak mengecewakan. :)





+ komentar + 6 komentar

June 18, 2010 at 2:51 AM

Jurus terakhir nya mengecewakan, tendangan yang kurang jelas haha...

Terimakasih Yofie Setiawan atas Komentarnya di REVIEW: THE KARATE KID
June 18, 2010 at 2:53 AM

@ Yofie: keren tuh tendangan santai.. Sssttt..takut spoiler nih gue.. Hahaha..

dintha yuneza
June 19, 2010 at 3:26 PM

mau komentar gabb ttg nih film :
1. kalo aku pribadi, filmnya agak terasa boring dari awal ampe tengah. mungkin karena membangun ceritanya kali ya.. klo dr tengah ampe abis kan dia yg kudu fight en berlatih kungfu. dan memang ceritanya biasa aja dan ketebak sih.

2. akting Jaden bagus ! totally love it ! selama film, aku perhatiin, dr cara ngomongnya, persis persis banget nget kyk bokapnya. bener-bener bakalan jd penerusnya yaa.. hahahaaa

3. sedih. karena melihat jackie chan sudah tampak tua yaa. hiks hiks :(

Terimakasih dintha yuneza atas Komentarnya di REVIEW: THE KARATE KID
June 19, 2010 at 10:43 PM

Jaden emang T.O.P.B.G.T .. tapi ko merasa masih mending yang buatan 1984. Persoalan selera kali yah? ratenya 3 bintang lah.

btw lam kenal, ^_^

Terimakasih uxupers atas Komentarnya di REVIEW: THE KARATE KID
June 24, 2010 at 11:21 PM

Gua sih lebih suka yang versi baru dibandingkan versi jadulnya. Dan setuju sekali, Jaden smith memang mirip bapaknya. Jadi seharusnya judulnya bukan Karate Kid atau Kungfu Kid tapi Smith's Kid. hehe...

Terimakasih Bang Mupi atas Komentarnya di REVIEW: THE KARATE KID
September 10, 2010 at 8:13 AM

No doubt, filmnya cakep dan sangat menghibur. apapun itu dari film ini dapat belajar bahwa komitment dan semangat juang itu sangat perlu.

Thanks for sharing your review, keep it up Gabby.

Terimakasih lilyana dewie atas Komentarnya di REVIEW: THE KARATE KID

Post a Comment