November 4, 2010

REVIEW: THE SOCIAL NETWORK





































"A story about the founders of the social-networking website, Facebook."

Sejak mendengar nama David Fincher yang akan duduk di bangku sutradara dalam proyek film ini, saya langsung sangat excited! Fincher merupakan salah satu sutradara favorit saya, sudah banyak film-film berkualitas yang berhasil dihasilkannya, sebut saja Se7en (1995) dan The Curious Case of Benjamin Button (2008). Tentu saja tidak ketinggalan, Fight Club (1999), yang selalu masuk ke jajaran film kesukaan saya. Kali ini dengan The Social Network, Fincher kembali membuat saya terkesima. Film ini menceritakan biografi Mark Zuckerberg, pembuat website Facebook yang sangat fenomenal itu. Ada juga rekan-rekan Mark dalam mendirikan Facebook dari awal. Seru rasanya melihat visualisasi bagaimana awal terbentuknya sebuah website yang memang membuat para penggunanya yang tersebar di hampir seluruh belahan dunia menjadi sangat addicted. Perhatian Fincher pada setiap detail dalam film ini patut diacungi dua jempol, sampai-sampai The Social Network disebut-sebut akan menjadi kandidat kuat dalam beberapa nominasi Oscar berikutnya.

Mark Zuckerberg (Jessie Eisenberg) adalah seorang mahasiswa Harvard yang sangat jenius dalam bidang pemograman komputer. Ia telah membuat beberapa website yang memang menjadi heboh di universitas tersebut. Suatu hari ia mendapatkan ide untuk membuat sebuah website social-networking yang awalnya ia beri nama The Facebook. Mark pun mengajak sahabatnya, Eduardo Saverin (Andrew Garfield), untuk memberikan suntikan finansial dan bersama-sama menjalankan proyek yang mereka yakini akan menjadi 'besar' ini. Tidak disangka hanya dalam waktu dua jam sejak peluncuran perdananya, Facebook telah mendapat kunjungan sebanyak 22.000 hits! Namun tentu saja jalan yang mereka tempuh tidak mulus, mulai dari gugatan yang diajukan senior mereka di Harvard karena mereka merasa Mark telah mencuri ide mereka dan juga tawaran bantuan mencurigakan dari Sean Parker (Justin Timberlake); pendiri website Napster. Tentu saja jalan yang ditempuh seorang Mark Zuckerberg untuk menjadi 'the youngest billionaire in history' tidak akan mudah.

Saya terkesan sekali dengan deretan cast yang dipilih David Fincher untuk film ini, mulai dari Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, sampai Justin Timberlake. Mereka semua bermain sangat brilian, tidak terkecuali Timberlake. Terus terang tadinya saya sangat meremehkan kehadiran Timberlake disini, saya pikir ia hanya akan menjadi 'perusak', but hey, saya salah! Justin Timberlake bermain apik disini, ini film pertamanya yang menurut saya berhasil membuat penonton yakin bahwa selain bernyanyi, ia juga bisa berakting. Kalau berbicara tentang Jesse Eisenberg, OH MY GOD, saya tidak tahu harus berkata apa! Siapa lagi yang cocok memerankan Mark Zuckerberg selain Eisenberg? Fincher tahu itu, ia tahu kalau Eisenberg adalah pilihan yang sangat tepat! Mulai dari wajah dan kesan 'geek', sampai kualitas akting yang superb. Dialog-dialog diucapkan Eisenberg dengan sangat meyakinkan dan sempurna tanpa cela. Awesome job! The Social Network bertopang pada skrip yang luar biasa dan akting para pemainnya. Masalah satu-satunya mungkin hanya ada pada ending yang menggantung, tetapi menurut saya memang sebaiknya dibuat seperti itu, jadi penonton bisa menebak-nebak sendiri bagaimana kelanjutannya. Akhirnya ada satu lagi film yang menerobos masuk kedalam list 'Best Movies 2010' versi Jagoan Movies! Woohoo!





+ komentar + 7 komentar

November 6, 2010 at 4:12 PM

Nah ini dia info yang selama ini saya cari2....thanks yach gan...salam kenal aja yach...

Terimakasih Renra Cikatos atas Komentarnya di REVIEW: THE SOCIAL NETWORK
Michelle
November 11, 2010 at 8:03 PM

Ada yang rasanya perlu saya ralat sedikit di sini, saya baru saja menonton The Social Network.
Seingat saya yang mendapat 22.000 hits dalam waktu dua jam adalah Facemash bukan theFacebook. Trims

Terimakasih Michelle atas Komentarnya di REVIEW: THE SOCIAL NETWORK
November 20, 2010 at 1:04 PM

ini bagus kayaknya...

Terimakasih sewa mobil murah atas Komentarnya di REVIEW: THE SOCIAL NETWORK
November 23, 2010 at 2:51 PM

wajib ditonton ni film. Saya sangat menanti-nantikan film ini, penasaran sejarah facebook seperti apa. thx buat rivewnya.

Terimakasih Andina atas Komentarnya di REVIEW: THE SOCIAL NETWORK
December 16, 2010 at 11:51 AM

Baru nonton film ini. Setuju akting Eisenberg sangat superb :)

Terimakasih Bang Mupi atas Komentarnya di REVIEW: THE SOCIAL NETWORK
January 18, 2011 at 4:17 PM

wah makasih yah, asik nih klo mau nonton pengen tau reviewnya tinggal ke web ini.. nonton social network ahh ^_^

Terimakasih alat sulap online atas Komentarnya di REVIEW: THE SOCIAL NETWORK
February 14, 2011 at 8:29 PM

Hmmm kalo ini bukan tentang facebook sih, pasti jadinya ngebosenin. Sekarang semua yang berhubungan dengan facebook emang lagi bagus. :)

Terimakasih Nard4Reynard atas Komentarnya di REVIEW: THE SOCIAL NETWORK

Post a Comment