May 2, 2009

REVIEW: WATCHMEN






































"A world at peace. There had to be sacrifice."

Watchmen ini film yang banyak menimbulkan pro dan kontra, banyaaakkkk banget teman" saya yang bilang kalau film ini jelek abis dan ngebosenin, tapi banyak juga reviewers yang bilang bagus banget! Nahh lhoo bingung khan? Didorong dari rasa penasaran itu akhirnya kemarin saya nonton juga deh, soalnya takut udah keburu turun dari bioskop (udah di studio 4 kmrn). Hasilnya menurut saya Watchmen memang keren koq!! Saya sendiri bukan pembaca apalagi penggemar komiknya, tapi yang saya suka dari Watchmen adalah bagaimana indahnya cinematografi dan special efek dari film ini. Two tumbs up! Karakter yang ada dalam film ini juga luar biasa, salut untuk sang sutradara Zack Snyder yang sukses membangun 'feel' setiap karakternya, saya yakin buat kamu yang nonton pasti karakter dalam Watchmen tidak akan mudah terhapus dari ingatan. Watchmen ini memang tipikal film yang tidak bisa diterima semua kalangan, apalagi orang" yang sudah terbiasa dengan doktrin dari Marvell misalnya. Kalau kamu pecinta superhero macam Spiderman, X-Men, dll mungkin ga akan suka dengan Watchmen. Tapi kalau kamu suka film superhero dengan twisted story dan alur lambat barulah Watchmen bisa menjadi pilihan. Well, tadi bioskop tempat saya menonton lumayan penuh, maklum malam Jumat, tapiiiiiii ditengah film 9 orang keluar!!! Ga bisa disalahin juga sih, saya akui awal film memang agak membosankan (dan membingungkan!), apalagi buat orang yang belum membaca komiknya (including me), tapi saran saya..bersabarlah sampai ke pertengahan film, nahh mulai dari sana kamu akan mengerti secara perlahan. Keren koq liat lima jagoan unik gabung jadi satu, ada Dr. Manhattan (Billy Crudup) yang menurut saya agak aneh karena 'anu'nya gelantungan dan kadang ditutupi celana dalam yang 'ngga banget!', Silk Spectre (Malin Akerman) yang super cantik dan sexy abis, Ozymandiaz (Matthew Goode) yang super smart, Nite Owl (Patrick Wilson) yang baik hati, dan Rorschach (Jackie Earle Haley) dengan idealismenya yang kuat! Sebenarnya awalnya ada delapan superhero yang tergabung dalam Watchmen, namun satu per satu berkurang dengan kasus masing", ada yang mati sebagai lesbian, masuk rumah sakit jiwa, dan terakhir The Comedian (Jeffrey Dean Morgan) yang mati karena dibunuh. Kematian misterius Eddie ini lah yang membuat Rorschach pengen eksis lagi sebagai Watchmen. Rorschach penasaran membongkar siapa pembunuh Eddie sebenarnya! Akhirnya, kostum" superhero yang sudah berencana pensiun itu pun keluar satu persatu. Film garapan Zack Snyder ini mengambil setting tahun 80-an dan flashback ke tahun 40-an. Konsep pahlawan di film ini memang berbeda dengan pahlawan di film2 lainnya, buat saya sih ga masalah karena terkesan lebih realistis. Buat bapak" dan ibu" yang berfikir untuk bawa anaknya nonton Watchmen, please don't do that! Watchmen bukan untuk anak kecil, banyak adegan penuh darah dan sex scene (kalo di bioskop sih rada disensor tapi tetep ajaaa...). Btw, harus diakui kalau tugas Zack Snyder sudah terlaksana dengan sangat baik. Bagi pembaca komiknya, rata" sangat puas dengan film ini, FYI susah lho visualisasi komik ke film. Katanya sih..Zack bener" usaha banget memindahkan seluruh isi komik kedalam film, mulai dari karakternya, adegan, kata", dll. Hasilnya yaa 160 menit film Watchmen itu. Hehehe.. Yahh intinya, wajar menurut saya kalau orang" pada bilang jelek, karena memang filmnya 'berat'. Tapi kalau kamu ngerti dan faham sama ceritanya, film ini sebenarnya keren! Saran saya, kamu harus konsentrasi nontonnya, baca setiap dialognya, perhatiin scene"nya, jangan ke WC, dannnn..harus rela kepala jadi rada nyut"an abis nonton film ini! Hehe.. :p~

SPOILER nih buat endingnya (belum nonton jangan baca!) :
Menurut saya......inti endingnya tuch semua dikerjain (pranks/jokes) sama si Ozy. Soalnya kalo ga dikerjain, kan udah mau pecah tuh perang nuklirnya, yang mana malah bisa ngancurin bumi ini dan milyaran orang bakal mati! Memang sengaja dibuat seolah" Dr.Manhattan yang ngamuk, jadi manusia (US) berfikir bahwa kalo Dr.Manhattan ngamuk bumi bisa lenyap, maka mereka semua langsung berjabat tangan, lupain perang dulu, beresin "petaka kecil" yang dibuat si Ozy. Nah si Comedian dari pertama film selalu bilang :
"This is all a joke.. The biggest joke.."
yaa maksudnya itu, jutaan orang di bunuh, untuk selamatin milyaran orang.

+ komentar + 12 komentar

way
May 4, 2009 at 6:35 PM

wah ada ya yang bilang jelek?
yup menurutku ini film superhero terbaik dari segi cerita, twisted n ga ketebak, sip

Terimakasih way atas Komentarnya di REVIEW: WATCHMEN
May 4, 2009 at 10:38 PM

iya banyak banget yg nyaranin aku jgn ntn ini.. hahaha..
mungkin 10 orangan ada kali..
tp aku tetep keukeuh mao nonton, akhirnyaaa...sukaaaa!!
unik banget cerita kayak gini..
twisted tp didukung cinematografi yg mantap.. :)

Anonymous
May 7, 2009 at 6:42 PM

Sulit memang, karena masyarakat kita tidak begitu suka dengan yang namanya komik. Dan lagi Watchmen merupakan karya si gila Alan Moore yang tak pernah bikin cerita komik yangn biasa. Karyanya yang sudah difilmkan antara lain From Hell dan the League of Extraordinary Gentlemen.

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: WATCHMEN
May 7, 2009 at 11:07 PM

tapi sebenernya kalau mau coba bener2 ditonton, film ini bagus lho yaa.. loves it! :)

May 8, 2009 at 1:13 PM

waduh, ini blognya bagus banget nih! belum pernah kayaknya dapat blog film yang rame dan niat banget bikinnya kaya gini. aku soalnya juga penggemar berat film. mudah-mudahan makin keren deh mbak Gabby. salam. Eko.

Terimakasih Eko Laksono atas Komentarnya di REVIEW: WATCHMEN
May 8, 2009 at 3:40 PM

gab, gw bener2 nonton n ngerti ceritanya loh. ga k wc sm skali malah. tp ttp ga suka, hehe.

Terimakasih babyskiffie atas Komentarnya di REVIEW: WATCHMEN
May 8, 2009 at 9:26 PM

@ Eko : makasiiihhhhh.. sering2 mampir yaa.. :)

@ Mariska : hehehe.. aku suka jg sih, soalnya unik cara penyajiannya.. :)

May 13, 2009 at 11:16 AM

Menurut gua... film watchmen...

gak jelas banet dari ceritanya,,

klo segi action dan efek yang ditampilkan...

mm.. bolehlah...

Terimakasih phonank atas Komentarnya di REVIEW: WATCHMEN
May 13, 2009 at 12:10 PM

sebenernya jelas lho ceritanya, cuma yaa itu..kita harus merhatiin banget dari awal film.. haha.. :)

May 30, 2009 at 12:44 PM

I love Watchmen!! It's my favorite movie of the year (so far). haha :D
Sampe nonton 2x di bioskop, pokoknya jadi ketagihan ama Watchmen. Pulang dari bioskop langsung donlot komik + soundtracknya. LMAO. I love it! Thanks for reviewing!

Yang paling gw suka setelah nonton pasti terjadi diskusi. Setuju ama Rorschach atau Ozy & Dr. Manhattan? Itu yg gw suka! Oh ya gw juga suka film ini karena banyak kaitannya dengan sejarah AS. hehehe (maap terlalu menggebu-gebu)

nice blog & nice to know you! :D

Terimakasih Fifi atas Komentarnya di REVIEW: WATCHMEN
November 12, 2009 at 7:03 PM

bandingkan dgn film adaptasi comic V for Vendetta yg garing? Dari semua teman yg saya tawarkan untuk nonton WATCHMEN, tidak ada yg menunjukkan apresiasi yg signifikan... (hahaha dasar otak udang mereka semua) paling anak2 liga film (itupun yg mereka bicarakan cuma sisi teknis film tsb)

Terimakasih Wemskii atas Komentarnya di REVIEW: WATCHMEN
November 20, 2015 at 5:41 AM

Film super hero terbaik yg pernah saya tonton.. Politik, Konspirasi, Idealisme, Propaganda, Perjuangan dan Romantisme jadi 1 dlm film ini!
Sountrack film nya pun luar biasa bagus..
Kesimpula nya ini Film Superhero dgn konsep cerita yg cerdas! Kita di ajak berpikir dgn manipulasi sejarah dunia yg dikaitkan dgn fiksi dari para tokoh2 watchmen! Top Abis

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di REVIEW: WATCHMEN

Post a Comment